PENELITI AKAN MELAKUKAN ALAT PEMBACA PIKIRAN - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

13 Mei 2010

PENELITI AKAN MELAKUKAN ALAT PEMBACA PIKIRAN

Penelitian oleh para ilmuan untuk peranti otak nirkabel kini tengah dilakukan dengan harapan dapat memindai pikiran dengan cepat. Sehingga dapat mengambil data percakapan demi menolong orang yang mengalami kerusakan otak agar dapat kembali berkomunikasi.



Hal ini dilakukan dengan cara membaca gelombang otak lewat elektroda yang ditempel ke kepala. Tetapi hali ini ternyata terbukti sangat lamban, diperkirakan hasilnya satu kata per menit sehingga hampir tidak mungkin diterapkan pada pembicaraan normal dan interaksi sosial.

Kini, ahli saraf kognitif Frank Guenther dari Universitas Boston bersama para koleganya menunjukkan suatu peranti otak yang memakai elektroda yang ditanamkan langsung dalam otak demi meneliti cara bicara dalam waktu riil.

Elektroda itu mencatat sinyal dari otak, lalu secara nirkabel data itu dikirim pada suatu alat synthesizer suara. Penundaan antara aktivitas otak dan hasil suara rata-rata hanyalah 50 milidetik. Dan hal ini cukup mendekati pembicaraan normal.

Dengan penemuan ini, tak lama lagi individu yang telah lumpuh total sehingga tak bisa berbicara, akan memiliki kemungkinan untuk bersuara lewat komputer atau laptop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...