FAKTA TENTANG BALI YANG MUNGKIN ANDA BELUM TAHU - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

24 November 2016

FAKTA TENTANG BALI YANG MUNGKIN ANDA BELUM TAHU


Seberapa jauh pengetahuan Anda tentang Bali? Kali ini Anda akan mengetahui fakta-fakta tentang Bali yang mungkin belum Anda tahu sebenarnya.

1. Anda akan menemukan nama orang Bali asli banyak sekali yang sama. Ya, ini dikarenakan oleh adat istiadat mereka yang mengharuskan menamakan seseorang berdasarkan urutan saudara di dalam keluarga. Untuk anak pertama harus memiliki nama Wayan atau Putu, anak kedua Made atau Kadek, anak ketiga Nyoman atau Komang dan anak keempat Ketut.

2. Panggilan untuk pria disebut Bli dan wanita Gek (untuk wanita lebih muda) Mbok (untuk wanita lebih tua).

3. Setiap hari orang Bali akan memberikan sajen untuk para leluhur berupa bunga, biskuit atau permen atau uang yang ditaruh di atas janur yang telah dibentuk menyerupai kotak. Mereka menaruh persembahan tersebut di jalan, rumah, pura, bahkan di tempat berjualan dan di dalam kendaraan. Persembahan ini ditujukan untuk para dewa dalam rangka permohonan keselamatan dan kesejahteraan.

4. Turis mancanegara yang berkunjung ke Bali menurut data statistik terakhir mencapai 5 juta orang.

5. Peak season di Bali adalah pada bulan Juni-Agustus dilanjutkan bulan November akhir hingga akhir Januari.

6. Bali Selatan yang meliputi Seminyak, Kuta, Legian, Jimbaran, Uluwatu dan sekitarnya adalah tempat yang akan sangat padat dengan turis ketika peak season. Kepadatan mulai dari bandara hingga perbatasan Seminyak dan Canggu.

7. Turis asing yang paling banyak berlibur di Bali adalah orang Australia disusul dengan orang Cina.

8. Ketika Anda menjemur pakaian dalam di Bali, Anda dianjurkan tidak menaruhnya di tiang paling atas yang melebihi kepala.

9. Apabila Anda seorang wanita dan sedang mengalami menstruasi, Anda dilarang masuk ke dalam pura atau tempat-tempat wisata yang dianggap suci karena dianggap sedang berada dalam keadaan kotor.

10. Anda akan menemukan banyak makanan yang dijual di Bali mirip dengan makanan di Pulau Jawa dengan nama yang berbeda seperti Lalapan yang berarti Pecel Ayam/Lele, Tipat Cantok yang berarti Ketoprak atau Gado-Gado.

11. Dari sisi Selatan Bali hingga Utara Bali Anda dapat menempuhnya hanya dengan waktu kurang lebih 3 jam menggunakan mobil dan 4 hingga 5 jam menggunakan motor.

12. Polisi adat di Bali jauh lebih berperan dari polisi nasional.

13. Pajak restoran yang diterapkan kebanyakan tempat mencapai 21%.

14. Jika Anda ingin tinggal di Bali dan menyewa kos atau apartemen, Anda harus memiliki kartu tanda penduduk asli Bali atau paling tidak kartu tanda penduduk sementara. Apabila polisi adat sedang bertugas dan memeriksa tempat Anda dan tidak menemukan kartu tanda penduduk tersebut Anda akan di sidang di balai adat.

15. Anda akan sangat mudah berinteraksi dengan para bule dan menemukan banyak bule laki-laki yang mengendarai motor tanpa baju atasan, helm dan bahkan alas kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...