loading...

Cara Melatih Otot Perut

“Tak kenal maka tak sayang”, pepatah ini tentu akrab di telinga Anda. Meski banyak yang menganggapnya sebagai kalimat tak berarti, namun pepatah tersebut punya efek positif bagi pembentukan perut sixpack Anda. Kok bisa?



Memiliki otot sixpack bukan hanya bagaimana Anda melatih otot perut ratusan kali, tetapi sejauh mana Anda mengenal bagian tubuh yang disebut sixpack.

Semakin Anda mengenal dan memahami bagian otot sixpack, maka semakin mudah Anda mendapatkan perut sixpack.
Anatomi Otot Perut (Sixpack)

Otot sixpack terdapat pada otot perut bagian depan yang dalam istilah asing di sebut Anterior Wall Abdominal Muscles. Otot ini terbagi dalam 4 bagian otot, yaitu:

Rectus Abdominus
Adalah bagian otot yang membentuk “sixpack”. Rectus berarti “lurus” dan abdominus berarti “perut”, yang berarti otot ini berada tegak lurus pada perut. Otot ini berguna untuk menjaga tulang belakang dan panggul tetap stabil.

External Oblique
Otot ini berada di belakang tulang rusuk bagian bawah dan melintas menuju panggul. Otot ini juga berguna untuk menunjang pergerakan tulang belakang. Selain itu, external oblique juga berguna menjaga kestabilan tulang belakang saat melakukan latihan yang membuat tubuh menekuk ke samping.

Internal Oblique
Otot ini berada di bawah otot external oblique. Otot ini membantu pergerakan tulang belakang saat melakukan latihan seperti crunch. Selain itu, otot ini juga berperan menstabilkan tulang belakang ketika melakukan gerakan memutar atau membungkuk.


Transversus Abdominus
Merupakan otot yang berada paling dalam di antara ke tiga otot yang lain. Transversus Abdominus berperan dalam menstabilkan punggung bagian bawah. Para ahli menyatakan bahwa saat melakukan aktivitas seperti berjalan, berlari, dan sebagainya, otot ini adalah yang pertama kali aktif bergerak. Otot ini tidak dapat terlihat layaknya otot sixpack, karena letaknya yang berada terlalu dalam pada perut Anda.
Sixpack Abs Workouts

Seperti otot tubuh lainnya, otot perut juga perlu dilatih secara merata agar dapat menunjang kekuatan tubuh saat beraktivitas dan sixpack dapat terlihat. Berikut contoh latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut sekaligus mendapatkan perut sixpack.

Jacknife Sit Up
Tahapan Pelaksanaan:

Twisted Crunch
Tahapan Pelaksanaan:

Push Unstable Plank
Tahapan Pelaksanaan:


Barbell Side Bend
Tahapan Pelaksanaan:


Side Plank
Tahapan Pelaksanaan:

Untuk hasil maksimal, selalu imbangi latihan-latihan di atas dengan pola makan rendah lemak dan tinggi protein. Good luck!

Baca Juga Artikel Menarik Dibawah Ini
Share on :
Tips Utama

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us