loading...

BAHAYA DAN EFEK NEGATIF KALAU WANITA MEROKOK

Bahaya merokok bagi wanita adalah merusak kehamilan dan janin di saat hamil. Begitulah yang tertulis di bungkus-bungkus rokok. Tapi tulisan tersebut tidak bisa mencegah kaum wanita untuk merokok. Sebenarnya sihbahaya merokok ini bukan hanya ditujukan kepada kaum hawa saja, tapi untuk semua orang, yaitu kaum pria. 

Walau telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan, di samping menyebabkan banyak tipe kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, dan emfisema (Wikipedia) rokok tetap saja masih disukai dan bahkan sudah menjadi kebutuhan.

Efek rokok menjalar dari paru-paru ke otak dalam waktu 10 detik, jauh lebih cepat daripada injeksi intravena obat-obatan terlarang. Rokok mengirim sekitar 4.000 bahan kimia untuk tubuh. Wikipedia lebih lanjut memaparkan bahwa Bahan kimia yang terkandung dalam rokok adalah sebagai berikut :

  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.

Selama ini, merokok selalu identik dengan Pria. Tapi bagaimana bila wanita yang merokok. Banyak yang mengatakan wanita yang merokok adalah wanita yang tidak benar alias nakal dan lain sebagainya yang berhubungan dengan ketidakbaikan. Meskipun demikian, ada juga yang menyukai wanita perokok katanya sih terlihat seksi. 

Kita sampingkanlah soal wanita perokok yang identik dengan kenakalan. Perlu anda tahu bahwa dari tahun ke tahun, jumlah perokok wanita terus bertambah. Kebanyakan nih para perokok memulai merokok pada usia muda antara 14 dan 16 tahun. Dan rokok ini memiliki efek negatif yang bisa mempengaruhi kesehatan bagi wanita tersebut.

Bahaya Wanita Merokok
Berikut adalah bahaya dan efek negatif rokok bagi wanita:

1. Tembakau dan gangguan ginekologi
Merokok mengurangi sekresi estrogen yang diduga bertanggung jawab atas gangguan menstruasi termasuk timbulnya rasa nyeri.

Merokok juga bisa menyebabkan perubahan nada suara dan peningkatan bulu tubuh. Menopause terjadi 1 sampai 2 tahun lebih awal di kalangan perokok.

Tembakau juga bisa memperbesar resiko perkembangan lesi prakanker leher rahim.

2. Tembakau dan kulit
Karena kurangnya oksigenasi kulit, perokok wanita akan mengalami kulit kusam. Efek lain, kulit akan menjadi kendur dan tidak elastis.

Tembakau juga bisa menyebabkan keriput muncul sebelum waktunya, berkisar dari 10 sampai 20 tahun lebih awal.

3. Tembakau dan pil
35% perempuan berusia 20 sampai 44 tahun yang merokok sambil mengambil pil kontrasepsi, mengalami 4 sampai 10 kali risiko masalah kardiovaskular.

Menggabungkan kontrasepsi dengan rokok bisa menimbulkan bahaya kesehatan serius, terutama pada wanita berusia diatas 35 tahun.

Darah mengental dan risiko trombosis, stroke dan gangguan vaskuler otak (stroke) dapat muncul akibat tembakau.

4. Merokok dan kehamilan
Merokok dapat menurunkan kesuburan wanita hingga 50%.

Tembakau bisa menyebabkan lendir leher rahim mengental, mencegah perkembangan sperma, serta menurunkan level estrogen yang dapat mengurangi kualitas dinding rahim dan membatasi aliran darah yang diperlukan untuk implantasi telur.

Merokok meningkatkan risiko keguguran hingga 3 kali lipat. Efek lain, pertumbuhan janin juga dapat terganggu akibat kurangnya pasokan oksigen.

Bayi yang dilahirkan juga cenderung berbobot rendah (kurang dari 200 gram saat lahir).

Wanita perokok juga akan menghasilkan ASI 25% lebih sedikit dibandingkan wanita non-perokok.

5. Tembakau dan berat badan
Merokok bisa mengurangi sensitivitas terhadap rasa dan bau. Selain itu, nikotin akan memperlambat penyimpanan lemak dan meningkatkan pengeluaran energi sampai 200 kalori per hari dibandingkan non-perokok.

Para perokok memiliki berat badan lebih rendah daripada non perokok. Berhenti merokok bukan berarti seorang wanita akan kelebihan berat badan, namun akan membuatnya memiliki berat badan normal.

Dari uraian diatas, kita bisa menyimpukan bahwa rokok itu berbahaya bagi kaum wanita, dan bukan melihat dari pantas atau tidak pantas wanita merokok. Oleh karena itu, ada baiknya para wanita jangan merokok, bila anda sudah terlanjur merokok, sebaiknya cobalah untuk berhenti merokok dengan mengkombinasikan olahraga teratur akan menjaga berat badan pada level ideal, jangan lupa bertemanlah dengan wanita yang tidak atau yang sudah berhenti merokok, karena itu bisa membantu
Share on :
Kesehatan

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us