loading...

Ternyata Keringat Manusia adalah Antibiotik Alami


Tahukan Anda bahwa keringat ternyata merupakan salah satu antibiotik yang berguna bagi tubuh kita? Yup, penyakit akut seperti kencing nanah dan tuberkolosis merupakan penyakit yang sulit dibasmi dengan antibiotika biasa saat ini. Para ilmuwan pun berusaha menemukan antibiotik yang lebih kuat untuk mengatasinya.

Studi: Keringat Manusia adalah Antibiotik Alami

Tanpa disangka, antibiotika tersebut ternyata diproduksi secara alami oleh manusia. Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Institut Max Planck di Jerman, University of Strasbourg di Perancis dan University of Edinburgh di Inggris, berhasil menemukan senyawa dermcidin dalam keringat manusia.

Senyawa ini diketahui mudah beradaptasi untuk menyerang jamur dan bakter. Senyawa kimia umumnya menargetkan dinding sel sehingga bakteri dapat mengembangkan resistensi atau kekebalan. Tapi karena Dermcidin mudah beradaptasi, senyawa kimia ini cocok untuk mengatasinya.

Bakteri yang masuk ke dalam kulit manusia terhenti akibat keberadaan mineral seng yang terdapat dalam keringat. Dermcidin kemudian dikeluarkan dan mengotak-atik kadar air dan partikel yang melintasi membran sel. Karena tidak bisa bergerak, bakteri dan jamur tak berdaya melawan bahan kimia ini.

Ulrich Zachariae selaku pimpinan studi mengatakan,” Tubuh kita memproduksi antibiotik yang menghasilkan senyawa untuk menangkal bakteri, jamur, dan virus. Dan itu berada dalam keringat Anda.”

Zachariae menambahkan bahwa beberapa penyakit akibat infeksi bakteri sudah diketahui tak mempan dilawan dengan antibiotik karena sudah kebal, sehingga antibiotik perlu diperbaiki. “Keringat manusia bisa dijadikan solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan ini,” tambah Zachariae.

Studi ini, seperti dilansir duniafitnes.com, telah dipublikasikan dalam Proceedings of the Natural Academy of Sciences.
Share on :
Sensasi Info

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us