loading...

MENGENALI MEDIA UNTUK TANAMAN YANG BENAR

MENGENAL MEDIA TANAMAN YANG BAIK


Artikel ini saya tulis berdasarkan keluhan dari teman-teman karena tanaman hiasnya mati setelah dilakukan repotting. Setelah saya selidiki ternyata media tanam yang digunakan sudah terkena bibit penyakit, yang akhirnya bibit penyakit tersebut menyerang tanaman hias sehingga sakit, dan jika dibiarkan terus maka tanaman hias akan mati. Untuk mencegah hal tersebut terjadi! Dibawah ini merupakan ciri-ciri untuk mengenali media tanam yang baik pada saat akan membeli media tanam yaitu:


1. Media tanam kondisinya kering. Kondisi media tanam yang basah membuat mikroba, jamur, bakteri dan virus tumbuh subur. Akibatnya adalah tanaman yang ditanam akan diserang penyakit, jika kondisinya kuat maka akan tetap hidup namun jika kondisi jenis tanamanya lemah maka sudah pasti tanaman akan mati.


2. Media tanam dibungkus plastik transparan. Plastik yang tidak tembus cahaya membuat kondisi dalam bungkusan menjadi lembab sehingga jamur mudah tumbuh. Belilah media tanam yang dibungkus dengan plastik transparan yang tebal sehingga tetap terjaga kondisinya.


3. Media tanam ditempatkan dinaungan. Media tanam yang terkena hujan dan matahari langsung sangat tidak bagus. Hampir pasti bibit penyakit telah ada didalamnya sehingga jika digunakan untuk menanam akibatnya akan sangat mengganggu kesehatan tanaman.


4. Media tanam mengandung komposisi yang seimbang. Komposisi media tanam sangat menentukan pertumbuhan tanaman. Jangan sampai menggunakan media tanam yang rendah kandungan air untuk tanaman yang perlu banyak air ataupun sebaliknya. Kondisi pupuk juga harus seimbang, karena jika kebanyakkan tanaman bisa sakit.


5. Media tanam yang menggunakan campuran pupuk dari kotoran hewan harus dalam kondisi tidak menggumpal. Kotoran hewan yang menggumpal membuat kondisi media tanam terlalu panas buat akar tanaman yang akibatnya akar tanaman bisa membusuk.


Itulah yang harus diperhatikan pada saat membeli media tanam. Jika media tanam merupakan buatan sendiri maka hal tersebut tetap berlaku. Jika perlu jemur dahulu media tanam untuk memastikan media tanam steril.
Share on :

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us