loading...

BATU ANEH YANG MENGELUARKAN API ABADI

Selama ini apakah ada yang pernah mendengar kisah batu yang bisa mengeluarkan api abadi? Sekitar 80 kilometer di sebelah barat daya Antalya, dekat kota Cirali di barat daya Turki, terdapat sebuah gunung berbatu yang dapat mengeluarkan api selama ribuan tahun. 




Ternyata fenomena aneh ini, seperti dilansir Odditycentral, terjadi karena adanya kandungan gas metana di karang batu tersebut. Api ini disebut Yanartas dan telah menyala selama setidaknya 2500 tahun.


Sejak ratusan tahun, para pelaut yang melintas di sekitar daerah ini bisa melihat api yang tak henti-hentinya menyala dari batu karang dan kerap menggunakannya sebagai titik navigasi. Tak jarang, para pendaki yang mampir ke Yanartas juga memakai api ini sebagai bahan bakar untuk memasak.



Menurut beberapa literatur kuno, api ini telah melahirkan mitos tentang Chimera, binatang mitologi yang bernapas dengan api dengan tubuh dan kepala singa dan berekor kepala ular.

Luas Yanartas mencakup lahan seluas 5.000 meter persegi dan mengandung emisi gas yang sebagian besar terdiri dari metana dan hidrogen. Menariknya lagi, api ini akan menyala lebih kuat saat musim dingin. Tertarik untuk mengunjungi salah satu keajaiban dunia ini?
Share on :
supranatural

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us