loading...

Suku Di India Yang Mirip Suku Batak

Suku Di India Yang Mirip Suku Batak
Percaya atau tidak, di negara India yang mayoritas penduduknya didominasi oleh ras India ( bangsa Arya dan bangsa Bengali ), ternyata terdapat beberapa kelompok lain yang memiliki ras mongoloid dan percaya atau tidak mereka memiliki postur dan fisik serupa alias mirip dengan orang Asia Tenggara, seperti Indonesia, Filipina dan Malaysia.

Sejarah orang batak sendiri meyakini, bahwa orang Batak berasal dari Yunnan di China Selatan, dan juga ada teori yang mengatakan orang Batak berasal dari daerah Burma atau Formosa. Tapi ada juga yang percaya asal usul orang batak berasal India tepatnya timur laut india.




Di India ada suku bernama suku Mizoram ( Mizo ), suku ini terdiri dari masyarakat pertanian. Yang unik dari suku Mizoram ini, adalah salah satu pakaian tradisional mereka sangat mirip dengan pakaian suku Batak. Kain yang diletak di bahu, sangat mirip dengan ulos nya orang Batak. Juga bahan kain dan cara mereka berpakaian. Selain itu secara karakter suku Mizoram serta beberapa rumah tradisional mereka juga agak mirip dengan rumah tradisional orang Batak.

Suku lain yang mirip suku batak adalah suku mate. Suku adat yang terdapat di Manipur India. Suku Mate tersebar di 3 kabupaten Chandel, Churachandpur dan Senapati di Manipur, dengan 40 desa di wilayah ini. Populasi suku Mate sekitar 10.000 orang. Orang Mate atau suku Mate, juga bisa dikatakan masih mirip dengan orang Batak. Beberapa tradisi dan karakter mereka mirip dengan orang Batak. Suara mereka jika berbicara bernada keras mirip dengan orang Batak.




Lalu suku Koireng. Menurut sejarah Koireng dikenal sebagai Kolram, tanah Timur yang diyakini sama dengan keadaan Karen dari Burma Timur, kini Myanmar. Pakaian mereka mirip pakaian orang Batak pada era Sisingamangaraja. Kain tradisional mereka juga memiliki bentuk bahan dasar dan corak yang mirip dengan kain tradisional orang Batak. 

Kemudian Suku Monsang.
Suku ini terdapat di kabupaten Chandel India. Nama Monsang berasal dari nama desa mereka sendiri, yaitu desa Mosang yang diambil dari bahasa Meitei. Suku Monsang sendiri menyebut diri mereka adalah Sirti ( Selatan ). Suku Monsang tinggal desa Liwachaning, Heibunglok, Liwa Sarei, Japhou dan Mosang Pantha. 
Bahasa suku Monsang sama dengan bahasa suku Anal. Mereka juga bisa menggunakan bahasa Meiteilon kalau berkomunikasi dengan suku Tangkhul, suku Maring, suku Thadou dan masyarakat lainnya. 

Suku Monsang juga memiliki marga dan silsilah (tarombo) yang mirip dengan orang Batak. Kain tradisional suku Monsang juga mirip dengan kain tradisional orang Batak. Dan selain itu salah satu tariannya ada yang mirip dengan tarian suku Batak seperti Tortor.
Share on :
Sensasi Info

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us