loading...

Ailurophobia atau Phobia Kucing



Meskipun kucing adalah binatang yang lucu dan menggemaskan, tetapi pada kenyataannya ada beberapa orang yang takut terhadap kucing. Rasa takut ini adalah benar-benar rasa takut yang tidak beralasan, bukan sekedar risih atau tidak mau memegang saja. Bahkan dalam beberapa kasus orang yang takut/ phobia terhadap kucing dapat panik, stress, dan histeris ketika harus bertemu dengan binatang yang selalu menampilkan wajah polos ini.

Orang yang memiliki phobia terhadap kucing dalam istilah kedokteran disebut denganAilurophobia. Ini adalah kelainan psikologis yang bertolak belakang dengan ailurophilia. Tokoh terkenal dalam sejarah yang menderita phobia kucing adalah Napoleon Bonaparte.

Seperti halnya kebanyakan phobia, ailurophobia juga biasanya dipicu oleh kenangan masa lalu yang tidak mengenakkan yang berhubungan dengan kucing. Misalnya pernah di cakar kucing waktu masih balita atau pernah di kerubutin banyak sekali kucing sampai syok.

Salah satu cara mengobati phobia ini adalah dengan melawan rasa takut itu sendiri. Dengan memutar ulang pola otak kita agar rasa takut terhadap kucing bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Dengan merefresh otak kita dari pemahaman kalau kucing itu berbahaya, kemudian menyisipkan pemahaman bahwa kucing itu tidak berbahaya. Tentu ini tidak mudah bagi yang mengalaminya. Namun dengan bimbingan orang yang tepat, anda pastiakan berhasil mengatasi phobia kucing tersebut. Lebih baik lagi kalau didampingi oleh psikolog.

Namun satu hal yang pasti adalah, yang paling ditakuti oleh rasa takut adalah ketakutan akan rasa takut yang tidak akan ditakuti lagi.
sumber

Share on :
Flora dan Fauna

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us