YAng Harus Kamu Tahu Tentang Ekowisata - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

04 April 2012

YAng Harus Kamu Tahu Tentang Ekowisata


Saat mengunjungi berbagai tempat di dunia, Anda punya tanggung jawab untuk melestarikannya. Ekowisata adalah salah satu tren traveling baru yang tengah digalakkan demi selamatnya habitat alam. Ada beberapa poin penting dalam ekowisata yang wajib Anda ingat. 

"Tidak meninggalkan apa pun kecuali jejak" adalah slogan yang dilontarkan oleh banyak green traveler. Hal ini terkait dengan adanya perusakan dan eksploitasi di tempat-tempat wisata. Sebagai seorang traveler, Anda diwajibkan untuk memelihara alam dan budaya sekitar. Karena merusak alam, berarti merusak kehidupan. 

Itulah esensi dari ekowisata. The International Ecotourism Society (TIES) lewat situs ekowisata.com memaparkan definisi ekowisata sebagai, "Perjalanan yang bertanggung jawab ke tempat-tempat yang alami, dengan menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat." 

Oleh karena itu, dalam ekowisata terkandung beberapa unsur penting terkait komitmen pelestarian lingkungan. detikTravel menghimpun 5 poin yang wajib Anda ingat ketika melakukan ekowisata: 

1. Tanamkan 'cinta lingkungan' pada diri Anda 

Mungkin hal ini sepele, namun penting bagi Anda untuk memberi sugesti pada diri sendiri. Ketahuilah pentingnya melestarikan alam, memelihara kebersihan, serta menghargai masyarakat lokal. Bicara lingkungan tak berarti keadaan alam saja, tetapi juga tradisi dan budaya yang dianut oleh masyarakat setempat. 

2. Pahami etiket dan hargailah warga lokal 

Penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi geografis, iklim dan cuaca, serta masyarakat di tempat yang akan Anda datangi. Cobalah buat 'culture shock' seminim mungkin dengan mencari tahu tentang budaya lokal sebanyak mungkin. 

Beberapa hal yang patut Anda ketahui adalah tradisi, bahasa, kepercayaan, serta kondisi ekonomi masyarakat setempat. Berbaur dengan warga lokal akan selalu menjadi sesuatu yang baik. Hargailah kepercayaan mereka. Jangan lupa untuk memberi salam, serta meminta izin jika ingin memasuki bangunan atau wilayah suci mereka. 

Anda wajib meminta izin pada warga lokal jika ingin mengambil gambar. Beberapa suku tak menginginkan para turis mengambil gambar seenaknya. Suku Aborigin di Australia misalnya, menganggap bahwa lembaran foto bisa mencuri nyawa mereka. 

3. Ikut meningkatkan kesejahteraan warga lokal 

Pada dasarnya, pariwisata membawa dampak baik bagi masyarakat setempat. Salah satu cara mewujudkan kesejahteraan warga lokal adalah dengan berkontribusi dalam ranah ekonomi. Tak perlu memberi secara gamblang, Anda hanya perlu menggunakan akomodasi dan transportasi lokal. 

Menginaplah di rumah warga, hotel, atau akomodasi lain yang dikelola oleh warga setempat. Makanlah di restoran lokal, dan gunakan transportasi khas warga setempat. Selain memberi pemasukan kepada mereka, Anda juga ikut melestarikan budaya setempat. 

4. Eko-suvenir 

Rasanya tak lengkap bila berwisata namun tak membawa buah tangan. Ini adalah hal yang wajar, namun ada beberapa hal yang perlu diingat. Jangan membeli suvenir dengan bahan dasar tumbuhan atau hewan yang langka, seperti kulit dan bulu hewan tersebut. Belilah suvenir dari seniman dan galeri setempat untuk meningkatkan pendapatan mereka. 

Ingat, Anda sama sekali tak boleh menggubris habitat asli hewan dan tumbuhan. Hal ini juga temasuk penggunaan jalanan yang telah tersedia. Jangan menerobos hutan karena bisa mengganggu habitat hewan. Jangan menebang pohon, apalagi melakukan perburuan. 

5. Jangan tinggalkan apa pun kecuali jejak kaki 

Semboyan ini aslinya cukup panjang. Jangan tinggalkan apa pun kecuali jejak kaki, jangan bunuh apa pun kecuali waktu, dan jangan ambil apa pun kecuali foto. 

Rupanya seruan ini memang berlaku untuk ekowisata. Anda boleh memperbanyak dokumentasi berupa gambar dan video. Jangan membunuh hewan dan tumbuhan. Jangan sekali-kali meninggalkan sampah, apalagi mengambil potongan-potongan benda dari situs bersejarah. Hal yang terakhir ini bahkan digolongkan sebagai tindakan kriminal. Selebihnya, biarkan hanya jejak kaki Anda yang tertinggal di sana sebagai kenangan
PHOTO MODEL GADIS DESA YANG SEKSI 
10 Trio Film Yang Tak Tergantikan 
3 Jenis Mode Yang Bisa Menyebabkan Rasa Sakit 
Guru-Guru Cantik yang Melakukan PELECEHAN Sex pada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...