Tips Mengontrol Pengeluaran Uang Saat Belanja - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

09 September 2011

Tips Mengontrol Pengeluaran Uang Saat Belanja


Belanja adalah kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi wanita. Tapi bisa berubah jadi ‘bencana’, jika Anda tidak bisa mengontrol pengeluaran belanja.
Anda tentunya tidak mau, gaji habis di pertengahan bulan karena tak tahan mengikuti hasrat belanja. Untuk mencegahnya, ikuti tips belanja pintar berikut ini, seperti dilansir oleh iDiva.
http://images.detik.com/content/2011/08/14/1133/133824_belanja.jpg
1. Belanja Saat Diskon
Belanja saat ada program diskon bisa membantu Anda mengurangi pengeluaran dari bujet bulanan. Hanya saja, pastikan potongan harga yang diberikan benar-benar lebih murah dari harga normal. Lakukan window shopping, cek harga sebelum dan setelah diskon dan telitilah kualitas barang yang akan dibeli.

2. Beli Sekaligus Banyak
Catat kebutuhan Anda untuk sebulan, dan belanjalah sekaligus banyak dalam sekali waktu. Keperluan bulanan biasanya mencakup perlengkapan mandi, sabun cuci pakaian dan piring, sembilan bahan pokok, perawatan kecantikan, makanan, dan lain-lain. Berbelanja dengan cara ini, akan menghemat waktu dan ongkos.
3. Bijak Gunakan Kartu Kredit
Jika Anda termasuk tipe impulsive buyer (bertindak tanpa pikir panjang), akan lebih aman jika kartu kredit ditinggal di rumah. Bawalah uang tunai atau kartu debit agar Anda tidak tergoda membeli barang-barang yang tidak terlalu penting dan hanya membuat ‘lapar mata’. Kartu kredit sebaiknya digunakan hanya saat darurat.
Tapi bila Anda tipe orang yang serba terencana dalam berbelanja, tidak masalah menggunakan kartu kredit. Asalkan Anda sudah menyiapkan anggaran untuk tagihan kartu kredit. Anda juga bisa menikmati program menarik yang diadakan perusahaan kartu kredit.
4. Bandingkan Harga
Tahanlah nafsu untuk langsung membeli suatu barang. Mungkin Anda sering membeli barang-barang di department store karena tempatnya lebih nyaman. Sesekali pergilah ke beberapa toko, bandingkan harga dan kualitas barang dengan toko lainnya. Siapa tahu Anda bisa dapat harga lebih murah dengan kualitas barang yang sama.
5. Buat Daftar
Buatlah daftar berisikan barang-barang apa yang ingin dibeli. Perhatikan mana yang Anda butuhkan, bukan apa yang diinginkan. Ingat, manusia tidak pernah puas dan keinginan untuk belanja pasti akan selalu muncul. Tegaskan pada diri sendiri untuk ‘mematuhi’ daftar yang telah Anda tulis. Pikirkan juga kebutuhan lainnya yang belum sempat terpenuhi. Dengan begitu, keinginan untuk menghabiskan uang di luar bujet bisa tertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...