5 Tingkat Kemandirian Finansial - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

09 September 2011

5 Tingkat Kemandirian Finansial


Kemandirian finansial bagi setiap orang akan berbeda tergantung fase kehidupannya. Untuk mengukur level kemandiran finansial Anda, Citibank punya panduannya. Dengan memahami di mana level Anda, akan lebih mudah nantinya dalam mengatur atau merencanakan keuangan agar bisa lebih mandiri secara finansial. Anda tentunya tak ingin selamanya terjebak dalam lilitan utang kartu kredit atau tak juga mampu menambah aset seperti rumah atau mobil bukan?
Menurut Citibank, secara umum tingkat kemandirian finansial terbagi lima:
Tingkat pertama, Anda bebas dari godaan finansial diri sendiri. Ini adalah tingkat paling dasar. Jika ingin menanjak pada level berikutnya, Anda harus mampu mengontrol diri secara finansial. Level pertama ini ditandai dengan Anda tak lagi mengalami kondisi yang diistilahkan dengan besar pasak daripada tiang.
Tingkat kedua, bebas ketergantungan finansial dari orang-orang yang mencintai Anda. Artinya, Anda sudah mampu membiayai diri sendiri tanpa mengandalkan orang lain di sekitar Anda, seperti orangtua. Kemandirian finansial ini diidamkan oleh generasi muda yang memasuki dunia baru di pekerjaan dan memiliki tanggung jawab penuh secara mandiri atas dirinya.
Tingkat ketiga, bebas ketergantungan dari kreditur. Tak sedikit orang yang memanfaatkan pinjaman finansial. Tak ada salahnya meminjam uang jika mampu mengelola pinjaman finansial tanpa menjadikannya sebagai beban. Artinya, Anda bisa dikatakan mandiri secara finansial pada level ketiga jika utang kartu kredit, cicilan rumah, atau pinjaman pribadi lainnya bisa teratasi atau terkendali dengan baik.
Tingkat keempat, bebas dari ketergantungan pada pekerjaan sebagai karyawan. Anda dikatakan mandiri secara finansial level empat dengan menjadi pengusaha. Artinya, Anda memiliki kemandirian finansial dengan tidak bergantung pada gaji bulanan yang didapat dari posisi sebagai karyawan sebuah perusahaan.
Tingkat kelima, ini adalah level kemandirian paling prima, hanya jika Anda bebas dari berbagai masalah finansial. Anda tak lagi punya masalah keuangan atau semua hal yang berhubungan dengan persoalan keuangan telah ditangani dan diamankan dengan baik. Anda hanya perlu menikmati kehidupan.
Jika Anda masih dalam tingkatan satu hingga tiga, tandanya Anda memerlukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan. Anda perlu melakukan perencanaan keuangan untuk memperbaiki kondisi finansial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...