Wow! Di Eropa, Mobil Bisa Jalan Sendiri - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

14 Februari 2011

Wow! Di Eropa, Mobil Bisa Jalan Sendiri

Headline

Teknologi baru memungkinkan Anda tak perlu menyetir mobil saat lelah mengemudi. Mobil terus berjalan otomatis dan Anda bisa santai melepas lelah sambil baca dan minum.

Volvo S60 mewujudkan keinginan dan impuan Anda. Seorang pria mencoba teknologi ‘platooning’ yang sedang diuji di Eropa. Platooning merupakan fitur kendaraan yang secara otomatis mengawasi jarak, kecepatan serta arah mobil.

Menggunakan teknologi ini, mobil mampu mengikuti gerakan mobil yang ada di depannya. Selain itu, teknologi ini mampu membuat mobil berjalan pada jalur yang telah direncanakan.

Platooning dirancang guna mengurangi tingkat kecelakaan mobil dan kemacetan. Seperti dikutipHuffingtonpost, mobil akan saling terhubung platooning dan berjalan rapi mengikuti satu mobil profesional yang berada di paling depan.

Hal ini membuat mobil serupa kereta namun itulah penyebab mengapa teknologi ini juga disebut ‘road train’. “Teknologi ini merupakan pencapaian penting bagi program riset Eropa,” kata koordinator proyek road train Tom Robinson.

Pengembangan teknologi ini merupakan hasil proyek Safe Road Trains for the Environment (Sartre). Proyek itu bekerjasama dengan peneliti produsen mobil Volvo dan memperoleh suntikan dana dari Komisi Eropa.

“Platooning menawarkan keselamatan berkendara, penggunaan ruang jalan yang lebih baik, meningkatkan kenyamanan mengemudi saat menempuh perjalanan panjang dan mengurangi konsumsi bahan bakar yang berdampak pada pengurangan CO2,” papar Tom.

INILAH.COM,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...