KEINGINAN KOREA UTARA UNTUK BAYAR UTANG DENGAN GINSENG - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

12 Agustus 2010

KEINGINAN KOREA UTARA UNTUK BAYAR UTANG DENGAN GINSENG


Republik Ceko tengah mempertimbangkan untuk mengijinkan Korea Utara membayar utang-utangnya kepada Ceko dengan akar ginseng.

Korea Utara saat ini memiliki utang sekitar US$10 juta kepada Ceko. Hutang ini untuk membangun trem listrik dan membeli peralatan mesin berat pada masa Eropa Timur masih di bawah bayang-bayang Uni Soviet.

Ginseng yang berkhasiat mencegah kelesuan, penuaan, radang sendi dan impotensi diharapkan bisa membayar 5 persen dari utang Korea Utara. Namun, laporan lain menyebutkan Republik Ceko meminta agar utang-utang ini juga dibayar dengan logam.

Sebanyak 20 ton akar ginseng disebutkan sebagai tawaran uang muka. Jumlah itu sangat banyak dibandingkan dengan konsumsi rutin ginseng masyarakat di Republik Ceko yang tidak sampai 1,5 ton.

"Dalam rapat kerja kami meminta mereka untuk berniat baik dan salah satu pilihan adalah impor ginseng," kata Wakil Menteri Keuangan Thomas Zidek.

Laporan di media Republik Ceko mengenai kemungkinan adanya kesepakatan itu menimbulkan sejumlah pertanyaan dari para pebisnis. "Itu merupakan bisnis bagus untuk negara," kata Zidek.

Tetapi laporan menyebutkan negara Eropa Timur itu juga telah meminta impor logam. "Kami telah mencoba meyakinkan mereka untuk mengirimkan, sebagai contoh, mengirim seng," kata Zidek kepada koran lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...