loading...

Mitos Misterius Bunga Wijaya Kusuma si Ratu Malam

Bunga itu tampak sangat indah sekali. Kelopak bunganya yang tersusun secara roset melengkapi pesona keindahannya. Begitu pula dengan namanya yang menarik yaitu bunga Wijaya Kusuma.



Selain bentuk bunganya, ada hal menarik lainnya tentang bunga ini karena seolah menyimpan misteri tersendiri karena hanya mekar di malam hari saja. Seiring dengan terbitnya sang surya, bunga Wijaya Kusuma pun ikut layu.Karena itulah bunga Wijaya Kusuma disebut sebagai bunga ratu malam atau night queen.


Ada mitos yang berkembang dalam budaya Jawa bahwa bunga ini dipercaya sebagai pusaka keraton Dwarawati sebagai titisan Dewa Wisnu. Karena itu, di lingkungan keraton Yogyakarta dan Surakarta ada mitos tak tertulis bahwa seorang raja yang hendak naik tahta harus memiliki bunga Wijaya Kusuma ini dalam keadaan mekar dan segar. Konon , bunga itu diambil oleh 40 orang utusan yang dipetik dari Pulau Nusakambangan.


Dalam kisah pewayangan, diceritakan konon bunga Wijaya Kusuma ini adalah jimat atau senjata sitimewa yang ampuh milik Sri Bathara Kresna dan hanya dipakai untuk membantu Pandawa pada saat kondisi genting dan terdesak.


Bunga Wijayakusuma beraroma harum dan mekar secara sempurna saat tengah malam sekitar jam 12 malam. Pada satu tangkai kembang bisa berisi sekitar 10 kuntum dan ada juga yang mencapai 20 kuntum. 


Karena dalam satu pohon memiliki banyak tangkai, bisa muncul ratusan bunga Wiajaya Kusuma. Bentuk bunganya seperti terompet, dan rona warna merah muda di sekitar tangkai bunga. Mahkotannya putih dan benang sarinya berwarna putih kekuningan.

Ada pula bunga Wijaya Kusuma yang berwarna kuning, merah muda, merah dan oranye. Begitu pula dengan bentuk bunganya ada yang berbeda.


Tumbuhan Wijaya Kusuma merupakan tanaman spesies anggota kaktus ( famili Cactaceae ). Ciri pada batangnya berbentuk silindris yang terbentuk dari helai daun tua yang mengecil dan mengeras. Tinggi batang dapat mencapai hingga 3 meter. 


Sedangkan daun Wijaya Kusuma berbentuk pipih dan memanjang yang berwarna hijau dengan permukaan halus tanpa duri dan tepi daun yang bergelombang. Panjang daun berkisar antara 10-15 cm. Pada tepi daun ini dapat tumbuh daun baru ataupun bunga.


Bunga Wijaya Kusuma muncul dari tepi daun berupa kuncup yang makin lama makin panjang tangkai bunganya hingga bunga itu menjuntai ke bawah. Bunga berdiameter 10 cm yang berwarna putih dan berbau wangi. Sedangkan tangkai dan kuncup bunga berwarna merah muda. Buah Wijayakusuma berbentuk bulat, berwarna merah dengan biji hitam. Perkembangbiakannya bisa menggunakan biji maupun stek daun.


Tanaman dan bunga Wijaya Kusuma ini sepintas mirip dengan tanaman buah Naga. Hanya saja ukuran batangnya jauh lebih kecil dibanding tanaman buah naga.
Share on :
supranatural

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us