loading...

CARA PERAWATAN MATA SUPAYA TETAP SEHAT

.

1. Istirahatlah dari menatap layar komputer selama 20 detik
Terpaku pada layar komputer atau layar digital lainnya tidak akan membuat mata Anda sakit, namun dapat membuat mata terasa kering dan lelah. Tahukah Anda, bahwa ternyata mata kita jadi berkedip setengah dari jumlah seharusnya jika kita sedang menatap layar digital? Oleh karena itu ikutilah cara 20/20/20, yaitu dengan cara setiap 20 menit, lihatlah hal lain pada jarak 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik. Anda juga perlu meletakkan layar komputer sejauh 25 inchi dengan posisi di bawah pandangan mata. Turunkan tingkat cahaya dari layar komputer atau menggunakan filter pada layar komputer.

2. Selalu menggunakan kacamata
Radiasi UV dapat membuat mata Anda sakit sebagaimana dampaknya pada kulit. Dampak yang dapat timbul karena radiasi UV ini bisa memicu tumbuhnya penyakit seperti katarak, cornea burns dan juga bisa menimbulkan kanker pada kelopak mata. Kapanpun Anda berada di luar ruangan gunakanlah kacamata atau lensa contact yang akan menahan 99% hingga 100% sinar UV A dan UV B. lensa pelindung tidak harus berharga mahal, cukup periksa saja jenis lensanya. Menggunakan topi juga bisa menahan sinar UV. 

3. Gunakan kacamata yang aman saat bekerja dan bermain
Setengah dari kasus cedera pada mata terjadi di dalam rumah bukan di tempat kerja. Namun Anda tetap harus menggunakan kacamata yang aman kapanpun terutama pada pekerjaan memungkinkan menimbulkan serbuk yang berterbangan dan zat berbahaya. Lensa kacamata sebaiknya dibuat dari plastik polycarbonate yang lebih tahan terhadap bahaya dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. beberapa jenis olahraga yang sering membuat mata terluka antara lain adalah baseball, softball, olahraga dengan raket, lacrosse, dan bola basket.

4. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung dan mata Anda
Beberapa makanan dapat melancarkan peredaran darah dan memiliki efek sangat baik untuk jantung, mata dan penglihatan. Pilihlah makanan yang baik untuk jantung seperti buah citrus, dark leafy greens dan gandum utuh. Makanan yang kaya akan zinc seperti kacang-kacangan, kedelai, cumi-cumi, daging merah dan poultry dapat membantu melindungi mata yang terkena cahaya berbahaya. Wortel juga bisa membantu menajamkan penglihatan mata Anda karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Nutrisi lainnya yang bisa membantu mata menjadi sehat adalah beta karotin (dapat ditemukan pada jenis buah-buahan yang berwarna kuning dan orange) dan lutein serta zeaxanthin (terdapat pada sayuran hijau dan colorful produce).

5. Jangan meremehkan permasalahan pada mata
Jika mata gatal dan merah, kompres mata dengan menggunakan air dingin, es, antithistamines atau gunakan obat tetes mata. Jika Anda merasakan ada yang mengganjal di mata Anda, seperti terdapat pasir atau debu, basuh dengan menggunakan air bersih atau saline. Segera temui dokter jika penyakit terus berlanjut atau jika terdapat sakit pada mata, mengeluarkan cairan, membengkak dan sensitif terhadap cahaya. Tanda bahaya lain adalah jika terdapat bintik hitam pada mata, kilatan cahaya atau kapanpun Anda tidak bisa melihat dengan normal.

6. Bersihkan lensa kontak
Jagalah mata dengan menjaga kebersihan lensa kontak Anda. Selalu cuci tangan sebelum memegang lensa kontak dan selalu gunakan pembersih yang disarankan oleh dokter mata. Bersihkan, basahi dan keringkan setiap kali Anda melepaskan lensa dan gantil lensa tiap dua hingga tiga bulan sekali. Jangan gunakan lensa kontak jika sedang berenang dan menggunakan produk pembersih lainnya seperti pemutih. Jangan lepas lensa kontak meskipun Anda sedang tidur dan jangan gunakan lensa lebih lama dari jangka waktu yang direkomendasikan oleh dokter.

7. Ketahuil riwayat kesehatan
Banyak jenis penyakit yang bisa berdampak pada kesehatan mata. Tekanan darah tinggi dan diabetes dapat menurunkan kadar darah yang mengalir menuju mata. Gangguan sistem imun di dalam paru-paru, kelenjar tiroid, atau di manapun juga dapat merusak mata. Hal ini juga termasuk pengobatan seperti multiple sceloris, aneurysms dan kanker. Beritahu dokter mata mengenai riwayat kesehatan Anda termasuk riwayat penyakit gangguan mata atau penyakit serius lainnya di dalam keluarga.
Merdeka.com
Share on :
Kesehatan

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us