Fakta Pada Zaman Mesir Kuno - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

02 Oktober 2014

Fakta Pada Zaman Mesir Kuno

Dari informasi yang ditemukan oleh para ilmuwan, arkeolog dan sejarahwan tentang literatur negara Mesir, ditemukan fakta-fakta unik pada zaman Mesir yang berhubungan dengan kehidupan sosial, norma dan kebudayaan pada saat itu. Tentu saja fakta-fakta ini masih sebagian kecil diantara setumpuk lembaran fakta lainnya yang belum diketahui oleh kita sebagai manusia modern.

1 - Fir'aun
Raja Firaun merupakan salah satu raja terbesar dan paling dikenal sepanjang peradaban Mesir kuno. Tahukah anda, bahwa Raja Firaun belum pernah memperlihatkan rambutnya di depan orang lain / umum. Raja Firaun senantiasa mengenakan mahkota kepala ala raja mesir atau yang dikenal dengan Nemes dengan hiasan Tutankhamen berbahan emas.


2 - Mengusir Lalat
Lalat adalah serangga yang cukup menyebalkan, bukan saja oleh manusia pada zaman sekarang. Bahkan serangga yang satu ini juga sudah dianggap menyebalkan pada zaman itu. Tetapi tahukah anda, bahwa pada masa itu, raja-raja mesir kuno memiliki cara yang sedikit unik untuk mengendalikan lalat-lalat yang berterbangan secara liar. Raja Pepi II misalnya, ia selalu memerintahkan seorang budak nya yang bertelanjang dengan olesan madu pada seluruh tubuhnya dan menempatkannya pada sudut-sudut ruangan agar lalat-lalat yang berterbangan dapat dikendalikan dan tidak terbang dengan sembarangan.


3 - Riasan Make Up Wanita
Riasan make-up sudah dikenal oleh wanita pada zaman mesir kuno. Mereka sudah paham betul tentang kegunaan make-up sebagai pelindung sinar matahari. Tahukah anda bahwa pada zaman itu, mereka meyakini bahwa make-up pun memiliki kekuatan mistis untuk penyembuhan. Umumnya mereka menggunakan bahan serbuk tembaga atau timah untuk riasan alis (eyepaint) berwarna hijau atau hitam.

4 - Kebiasaan Berpakaian

Tahukah anda bahwa pada zaman mesir kuno, anak-anak kecil tidak berpakaian sama sekali alias telanjang. Ini bukan karena mereka percaya terhadap klenik maupun kepercayaan mistis lainnya tetapi disebabkan oleh suhu di negara mesir yang memang sangat panas sehingga mereka merasa tak perlu mengenakan pakaian terhadap anak mereka. Setelah mulai beranjak dewasa, laki-laki hanya mengenakan celana pendek dan perempuan mengenakan gaun panjang.


5 - Hilangnya Hidung Patung Sphinx
Jika anda pernah berwisata ke Mesir, selain mengunjungi bangunan piramid tentunya akan melihat bangunan patung Sphinx juga. Patung tersebut menyisakan sebuah cacat berupa hidung dari patung yang hilang. Hingga saat ini tidak diketahui siapa yang merusakkan hidung dari patung tersebut. Namun sketsa peninggalan yang diduga ditemukan pada tahun 1737 telah menunjukkan gambar patung Sphinx yang telah rusak hidungnya.Tahun tersebut adalah 60 tahun lebih awal sebelum penjelajah Napoleon Bonaparte menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Mesir dan ratusan tahun sebelum terjadinya perang dunia ke-II ketika negara Inggris dan Jerman menyerbu mesir.

6 Gaya Rambut

Tahukah anda bahwa benda Wig (rambut palsu) sudah ada pada zaman itu. Masyarakat kalangan atas dan bangsawan umumnya mengenakan wig sedangkan masyarakat dari kelas-kelas dibawahnya memelihara rambut hingga panjang. Anak kecil laki-laki yang sudah berusia 12 tahun akan memelontosi kepala mereka dengan hanya menyisakan secuil kuncir. Mereka beranggapan hal tersebut akan melindungi kepala mereka dari kutu rambut


Fakta Unik 7 - Kepercayaan Bumi Datar
Orang Mesir meyakini bahwa bumi itu tidaklah bulat, melainkan bulat datar seperti halnya Pizza dengan sungai Nil yang menjadi pemisahnya ditengah-tengah menjadikannya 2 bagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...