loading...

MASALAH HAID PADA WANITA



Sebagai seorang remaja pria saya tidak tahu secara pasti bagaimana perasaan wanita remaja pada saat mendapatkan haid pertamanya. Namun disini saya coba menuliskan sedikit informasi dari berbagai literatur lain yang membahas masalah haid pertama ini. Sebagaimana yang sudah sobat ketahui bahwa hadirnya pubertas diawalai oleh tanda-tanda mulai dari perubahan bentuk fisik hingga kematangan organ-organ seksual. Nah pada remaja pria salah satu tanda puber itu adalah pertama kali mimpi basah, sedang pada remaja putri penanda pubertas adalah menstruasi atau haid pertama. 


Kok berdarah?

Saat pertama kali haid mungkin kebanyakan remaja putri akan merasakan takut diakibatkan oleh keluarnya darah dari organ reproduksi. Ini adalah hal baru bagi mereka sehingga bermacam reaksi negatif akan timbul mulai dari kaget hingga cemas. Nah sobat, jika ada bercak darah seperti itu jangan khawatir, itu adalah hal normal yang terjadi pada semua wanita yang sedang puber. Itu penanda bahwa organ reproduksi sobat telah matang. Itulah yang dinamakan menstruasi/haid. Itulah tanda bahwa sobat telah menjadi seorang remaja putri alias telah gadis.

Apa sih MENSTRUASI / HAID itu? 

Menstruasi adalah proses alami yang terjadi pada seorang wanita, secara singkat dapat dijelaskan bahwa menstruasi adalah luruhnya dinding rahim/uterus bagian dalam (endometrium) dan sel telur(ovum) yang tidak dibuahi, yang terjadi sebagai tanda bahwa organ reproduksi/kandungan telah berfungsi dan matang. Menstruasi juga menandakan bahwa tidak terjadinya kehamilan.


Apa itu siklus Menstruasi ?

Siklus menstruasi itu adalah jarak dari menstruasi hari pertama ke hari pertama menstruasi berikutnya, siklus ini biasanya berlangsung antara 21- 35 hari.


Berapa hari normalnya menstruasi berlangsung?

Lamanya menstruasi bisa berbeda-beda, umumnya berkisar antara 3 sampai 10 hari. Tapi, rata-rata wanita mengalaminya selama 5-7 hari. Tetapi ada juga wanita yang mengalaminya selama 4 hari hingga 6 hari.


Apa yang harus saya lakukan saat menstruasi??

Jagalah kebersihan alat genital / kelamin sobat !! Gunakan pembalut yang bersih dan nyaman,gantilah pembalut minimal 3 kali sehari, tetap lakukan aktifitas atau olahraga ringan. Minumlah tablet penaambah darah (FE) jika diperlukan, cukup minum agar tdk terjadi dehidrasi. Yakinlah menstruasi tidak akan menghambat aktifitasmu!!! 

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan jika sobat sedang mengalami masa-masa haid untuk pertama kali adalah berkonsultasi dengan wanita yang lebih dewasa, kakak misalnya atau pada Ibu. Biar sobat bisa mendapatkan informasi dari mereka.
Share on :
Kesehatan

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us