loading...

MANFAAT ORANGTUA TIDUR BERSAMA SI BUAH HATI


berikut 5 manfaat tidur bersama anak yang pasti bikin semua ibu terus tidur barengan bayinya.

Melatih Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri yang meningkat adalah manfaat pertama dari tidur bersama anak. Anak-anak ini kalo udah gede, biarpun menerima perilaku-perilaku yang tidak mengenakan dari teman-teman sebayanya, akan cenderung lebih stabil emosi dan sikapnya karena dulu mereka udah dilatih untuk berbagi cerita dan pengalaman di tempat tidur bersama orang tuanya. Sehingga, anak-anak ini akan lebih mudah menempatkan mereka diri meskipun situasi tidak mendukungnya.


Meningkatkan Kesehatan Fisik & Mental

Ahli parenting dan dokter anak, Dr. William Sears menjelaskan manfaat tidur bersama anak sebagai berikut. "Selama 30 tahun terakhir kami melakukan penelitian terhadap keluarga yang tidur bersama anak-anak mereka. Hasilnya sangat positif. Anak-anak itu ternyata mengalami percepatan perkembangan mental yang lebih baik daripada anak-anak yang jarang atau bahkan tidak tidur dengan orang tuanya. Ini adalah berita bagus bahwa sebenarnya peran "sentuhan" orang tua dalam pertumbuhkembangan anak-anak begitu diperlukan untuk kemajuan mental dan intelegensi mereka."


Mengurangi Risiko Gangguan Stress dan SIDS

Dalam penelitian yang dilakukan mengenai manfaat tidur bersama anak oleh psikiater dari Universitas Harvard, Michael Commons, beliau menemukan bahwa bayi atau anak yang tidur sendiri cenderung memiliki resiko tinggi untuk gangguan stres dan SIDS (Sudden infant death syndrome). Sementara anak yang tidur dengan orangtuanya, akan mempunyai harmonisasi psikologis dengan Ibu ataupun Ayah mereka.

Manfaat tidur lainnya yang didapat anak adalah pernapasan bayi lebih teratur, pola tidur si anak akan lebih terbentuk, detak jantung serta suhu tubuhnya pun akan cenderung normal karena ada kehadiran orang tuanya, terutama sang Ibu. Sedangkan bayi yang dibapalagi dibiarkan sendiri menangis sendirian bisa mengakibatkan sang anak mengalami peningkatan kadar hormon stres kortisol yang berbahaya karena menyebabkan kerusakan pada perkembangan otak.


Memudahkan Ibu Menyusui

Manfaat tidur bersama anak yang satu ini tentunya sangat jelas ada dipikiran para orang tua kan?Selain memudahkan Ibu, pola tidur anak juga akan terbentuk secara teratur.


Menjalin Kedekatan Keluarga

Anak-anak yang dibesarkan dengan gaya hidup tidur bersama keluarga, umumnya mempunyai ikatan emosi yang erat dengan keluarga. Anak-anak itu akan menceritakan perasaan bahagia, sedih dan keterikatan mereka daripada anak-anak yang tidur terbiasa sendiri. Tidur bersama-sama juga membuat anggota keluarga mempunyai waktu lebih banyak untuk saling terhubung dan berbagi kasih sayang

Share on :
Keluarga

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us