loading...

Pak Mujirun, Desainer Uang Kertas Indonesia


Ada banyak sekali karya seni atau desain di sekitar kita, tapi kita cenderung tidak memperhatikan atau mengabaikan.

Salah satu contohnya adalah uang. Walaupun setiap harinya kita bertemu dan memegang uang untuk berbelanja, pernahkah kita memperhatikan nilai seni dari goresan gambar pada uang tersebut?

Gambar uang kertas memang seringkali terabaikan, mungkin karena banyak yang berfikir gambar tersebut dihasilkan oleh mesin. Bila kita melihat sekilas, mungkin gambar-gambar pada uang kertas terlihat biasa. Namun. cobalah ambil lembaran uang anda, dan lihatlah menggunakan kaca pembesar.

Gambar tersebut akan terlihat lebih detail dan sangat rumit. Ternyata, semua itu hasil karya tangan manusia, bukan mesin apalagi komputer. Salah satu penggambar uang kertas adalah Bapak Mujirun.

Saat Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012, The Motzter berhasil menemui Pak Mujirun, pelukis dengan teknik pena yang pernah melukis 13 uang kertas Indonesia.



Pria kelahiran 26 November 1958 ini menggunakan pisau baja dan alat pembesar untuk gambar-gambar di uang kertas, sedangkan untuk ukuran besar beliau biasa menggunakan pena Rotring. Mengenai waktu pengerjaan, untuk uang beliau menghabiskan waktu hingga 3-4 bulan sedangkan untuk ukuran besar adalah 3-4 minggu.

Sebagai perbandingan, silahkan perbesar uang pecahan 50000 cetakan 2009 dan 2012 anda. Cetakan 2009 adalah karya milik Pak Mujirun, namun di tahun 2012 ini beliau sudah pension sehingga bukan beliau yang membuatnya. | motzter.com Description: Foto: Pak Mujirun, Desainer Uang Kertas Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Bodrex Caem- ItemReviewed: Foto: Pak Mujirun, Desainer Uang Kertas Indonesia
Share on :
Sekilas Info

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us