loading...

Tips Atasi Masalah Kutu Pada Kucing



Kutu kucing atau biasa orang sebut dengan tungau (sebenarnya tungau lebih tepat masuk keluarga laba-laba daripada keluarga kutu) adalah salah satu penyakit yang menyerang kucing yang cukup merepotkan. Perkembangbiakannya tergolong cukup cepat dan menyiksa bagi si kucing.

Kutu kucing dapat menyebabkan bulu rontok, penyakit kulit pada kucing, dan juga beberapa penyakit lain. Dan dulu, waktu saya mau mem-vaksin untuk pertama kali kucing persia saya, kata dokter saya disuruh menunggu seminggu lagi setelah si kucing dimandikan dengan shampoo anti kutu, karena kutu kucing nya masih banyak. 

So, menurut perkiraan saya sendiri, kucing yang banyak kutunya itu tidak boleh mendapatkan vaksinasi yang pertama. Kalau kucing tidak bisa segera divaksin artinya kucing rentan terkena berbagai penyakit. Sehingga mengatasi kutu kucing adalah langkah paling awal dari merawat kucing. Ya atau Tidak???


Sekali mandi kutu tuh dulu saya bayar 35 ribu rupiah. Itu pun tidak sekali mandi, kutu si kucing langsung punah. Masih ada mandi kutu yang kedua lagi. Lumayan menguras kantong kan??? Namun setelah browsing di internet, ternyata ada cara murah, alami dan cukup ampuh untukmenangani kutu kuicng. Yaitu dengan menggunakan minyak telon.

Terus terang saya belum mencobanya sendiri. Namun menurut sumber yang kami dapat, cara tersebut merupakan rekomendasi dari seorang dokter hewan senior yang bernama drh. Sutarman. Msc. So, saya pikir mungkin anda perlu mencobanya.

Menurut beliau, anda hanya perlu mengoleskan minyak telon ke tubuh si kucing (hindari bagian kepala) 2x seminggu untuk yang pertama kali. Setelah pengolesan yang kedua tersebut, anda hanya perlu melakukannya lagi sebulan sekali sebagai perawatan dan pencegahan kutu datang lagi.

Saat si kucing diolesi minyak telon, kucing akan terlihat tidak nyaman, kehangatan, lalu merasa kedinginan. Itu terjadi karena minyak telon tengah bereaksi terhadap kutu kuicng sehingga si kutu bakal kelimpungan dan membuat kucing merasa agak geli.

Setelah itu, ketika buang kotoran, kotoran kucing akan lembek, tidak keras seperti kucing sehat pada umumnya. Menurut penuturan sang dokter itu terjadi karena racun-racun dalam tubuh kucing ternetralisir oleh minyak telon. Sehingga dengan menggunakan minyak telon, ada 2 manfaat yang didapat. Pertama kutu kucing hilang, dan kedua racun dalam tubuh kucing keluar. Anda berminat mencobanya??? ^_^

Referensi : meonginfo

Share on :
Flora dan Fauna

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us