loading...

SEKILAS TENTANG FOTO LEVITASI

Levitasi adalah teknik fotografi yaitu membuat suatu karya fotography tampak seolah-olah melayang tanpa menggunakan alat bantu. Levitation berasal (dari bahasa Latin “ringan” levitas) yaitu adalah proses dimana objek dihentikan oleh kekuatan fisik melawan gravitasi, dalam posisi stabil tanpa kontak fisik yang solid. Foto Levitasi biasanya digunakan untuk foto keindahan dan sekedar hoby saja, karena dianggap sangat unik.

Foto by : Hastono H. Prajoko

Adapun teknik Levitasi bisa dilakukan dengan mengunakan teknik jumping short maupun melalui proses editing dengan bantuan showere olah digital yang biasa kita pakai yaitu phothoshop. Prosesnya sangat mudah, untuk membuat foto Levitasi dengan editan bisa di pelajari di sini. Perbedaan dengan photo “jump shot” adalah "foto jump shot" bisa diketahui lewat ekspresi wajah dan tubuh seseorang yang terlihat berekrpresi saat difoto melompat, Di dalam teknik foto Levitasi, tampak ekspresi seseorang yang difoto terlihat natural atau biasa-biasa saja. Hal inilah yang menjadikan seseorang kelihatan terkesan mengambang di dalam foto dan terkesan unik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa photographer. 


Levitasi dengan menggunakan proses editing ini dipopulerkan Natsumi Hayash yang berasal dari Jepang, Kemudian Natsumi dikenal dengan sebutan “the floating girl from Tokyo” atau gadis Tokyo yang bisa mengambang karena hasil foto fotonya banyak menggunakan teknik Levitasi. Koleksi tentang foto-foto dirinya yang sedang mengambang dimuat di website http://yowayowacamera.com dan kemudian menyebar luas ke seluruh dunia. Gaya berfoto Natsumi Hayashi juga menyebar ke Indonesia dan kemudian banyak ditiru masyarakat photography di Indonesia sehingga menjadi trend dan memberi warna baru dalam dunia photography Indonesia.
Oleh : Hastono H. Prajoko
Share on :
Sekilas Info

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us