loading...

MERAWAT ANJING YANG BARU LAHIR




Jika Anda punya anjing peliharaan dirumah dan tiba-tiba tanpa sepengetahuan melahirkan, apa yang terjadi?? Well, mungkin Anda tahu tapi mungkin Anda tidak tahu juga apakah anjing Anda hamil. Untuk itu, ikutilah saran-saran berikut. Siapa tahu berguna bagi Anda.

Induk sekaligus anaknya perlu sebuah kandang khusus, hanya untuk mereka. Untuk minggu-minggu pertama sang Induk akan sangat protektif plus sensitif, jadi menyatukan mereka bersama anjing lainnya bukanlah sebuah ide yang baik. Sebuah kandang dengan kain, bantal, atau selimut akan memberikan kehangatan dan kenyamanan bagi mereka. Selama beberapa minggu kan ada banyak macam "insiden" buang air kecil maupun besar, jadi alas tempat tidur mereka harus diganti setiap waktu. Kebersihan merupakan kunci sukses menjaga kesehatan induk dan anak.

Kehadiran induk menopang segala kebutuhan puppy saat mereka barusan lahir. Jangan pisahkan mereka apapun yang terjadi selama masa penting ini. Perlu diketahui juga, saat induknya baru melahirkan, ia perlu diberi sementara waktu untuk beristirahat tanpa gangguan dari anaknya. Induknyalah yang memberikan nutrisi dari susunya untuk menopang kebutuhan imun dan perkembangan anaknya. Menyusui biasanya akan membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam sekali. Anak anjing belum bisa memakan makanan kering sampai berumur paling tidak empat minggu. Puppy umur empat sampai delapan minggu bisa memakan makanan kering dicampur susu, kemudian bisa diganti ke makanan kering setelah itu. Jika tidak ada induk, maka konsultasikanlah ke dokter hewan tentang susu pengganti yang cocok. Ingatlah bahwa susu manusia tidak direkomendasikan untuk anjing.

Amati gejala penyakit.
Jika Anda merasakan suatu kejanggalan atau hal yang menyinggung penyakit, maka Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter hewan sebelum terlambat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah muntah, menangis berlebihan, induk tidak mau memperhatikan, mencret, atau jika puppy tidak menyusui bersama saudaranya yang lain.



Pengawasan dari dokter hewan akan sangat membantu untuk menjaga anak anjing yang sehat karena ada banyak bahaya yang tidak disadari orang. Saat baru lahir, anak anjing tidak bisa melihat, mendengar, ataupun buang air besar sendiri, mereka juga bisa jatuh sakit karena masalah kesehatan dan penyakit. Tanyalah dokter hewan Anda tentang caranya menjaga anak anjing yang baru lahir.

Anjing tidak disarankan untuk dibiakkan di rumah, mengingat bahwa anak anjing sangat rentan terhadap berbagai penyakit dan dapat meninggal bila tidak diurus dengan baik. Anak anjing harus dibiarkan bersama induknya selama kurang lebih dua belas minggu alias empat bulan untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang baik sebelum dibiarkan sendirian. Dan terakhir, karena anak anjing berbulu halus dan butuh perawatan serta perhatian, tetaplah untuk berhubungan dengan dokter hewan untuk memastikan kesehatan mereka.

Share on :
Flora dan Fauna

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us