loading...

Tips Aman Agar Terhindar dari Keylogger

Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Mungkin kata Keylogger adalah kata yang yang ngga asing lagi kita yang sering bermain di dunia hacking atau sekedar iseng doank. Pada dasarnya keylogger merupakan spywere yang berfungsi sebagai pengawas keyword yang kita imput kedalam komputer menggunakan Keyboard. Oleh karena itu sering dan banyak Keylogger yang sering terdeteksi oleh virus oleh anti virus jika anda menginstal anti virus pada komputer atau jaringan anda.

Keylogger hanya dapat merekam data yang diimput melalui Keyboard. Untuk penggunaan virtual keyboard yang telah disediakan beberapa anti virus atau Windows sndri tidak dapat di filter oleh keylogger. Jadi saya sarankan jika anda login menggunakan password anda,  sebaiknya anda ketikan menggunakan virtual Keyboaard saja lebih aman apalagi di tempat" umum seperti Wi-fi atau Warnet. karena pada tempat'' tersebutlah seorang hacker biasa mendapatkan informasi penting dan memulai menyerang komputer lawan yang terkoneksi dalam sutau jaringan.

Keylogger ini juga sering dipasang pada komputer-komputer yang digunakan secara bersama-sama seperti warnet, laboratorium komputer dan lain. Oleh karena itu berhati-hatilah terhadap komputer yang sering digunakan bersama untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti keylogger.

Untuk mengatasi masalah keylogger sebaiknya ikuti sedikit tips sederhana berikut ini.

  • Gunakan software pendeteksi keylogger yang menurut anda cukup baik, namun perlu diingat bahwa di dunia internet tidak ada yang aman 100% jadi jangan berharap terlalu banyak dengan software pendeteksi keylogger ataupun software antivirus tertentu.
  • Gantilah password anda secara periodik untuk menghindari penjiblakan password serta user name untuk transaksi penting anda di internet.
  • Gunakan komputer yang tidak digunakan oleh banyak orang seperti warnet, lab komputer, tempat kerja karena memungkinkan untuk ditempatkannya keylogger untuk merekam data-data kita.
  • Gantilah password anda setelah menggunakan password tersebut pada komputer yang sering digunakan banyak orang, namun jangan mengganti password anda pada komputer yang sama.
  • Mengakali penulisan password pada aplikasi lain kemudian gunakan copy paste sehingga tidak terdeteksi oleh keylogger karena keylogger hanya merekam semua aksi pada keyboard akan tetapi tidak dengan pergerakan mouse. Namun bisa juga terjadi apabila keylogger menggunakan screen shot untuk mengambil gambar pada saat kita mengetikan data kita.
  • jika anda menemui hardwere seperti berikut, buang aja. itu adalah hardwere keylogger yang dipasang untuk mencuri data yang anda input lewat keyboard.


Diatas adalah tips dan trik darai saya agar agan aman bermain apapun dengan password anda.. silahkan dicoba di rumah.. :)
Share on :
Tips Utama

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us