loading...

Tips Memilih Bra yang Benar (khusus Wanita)

Tips memilih bra yang tepat

Foto Tips memilih bra yang tepat
Bra tidak hanya berfungsi sebagai pakaian dalam yang menutup bagian intim wanita, lebih dari itu bra juga berpengaruh besar pada kesehatan tubuh wanita. Tahukah Anda Tips memilih bra yang tepat?
Mengenakan bra yang benar tidak hanya akan mendukung dan mengangkat payudara, tetapi juga memperbaiki postur tubuh serta membuat seseorang terlihat lebih ramping karena pinggang akan terlihat lebih kecil.
Sayangnya, sebagian wanita lebih suka mengenakan bra berukuran lebih kecil karena dianggap bisa membuat payudara terlihat lebih padat. Padahal mengenakan payudara kekecilan bisa menganggu kesehatan.
“Penggunaan bra yang terlalu besar tidak efektif dalam memegang payudara, sehingga tetap menggantung karena pengaruh gravitasi, yang berakibat payudara akan kendor sebelum waktunya,” jelas dr Budiman, SpBP, dari Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (PERAPI) kepada detikHealth,
Sedangkan penggunaan bra yang terlalu kecil, lanjut dr Budiman, akan mengganggu sirkulasi aliran darah balik dan limfatiknya, dan tentu akan mengurangi kenyamanan wanita dalam beraktifitas. Bra yang terlalu kecil juga akan mengganggu pertumbuhan organ seksi di tubuh wanita tersebut.
Hal senada juga disampaikan oleh dr Elida Sari Siburian, SpBP, dokter bedah plastik dari RS Pondok Indah.
“Bra yang kekecilan tentu membuat rasa tidak menyenangkan. Akhirnya sesak napas, bisa sakit kepala juga. Kalau payudara ukurannya besar, bisa bikin sakit punggung,” ujar dr Elida, yang punya praktik di RS Persahabatan.
Selain itu, ada beberapa efek lain yang terjadi pada tubuh bila mengenakan bra kekecilan, diberdasarkan studi Sports Medicine Australia dan Breast Research Australia, seperti dilansir timesofindia.

Berikut akibat jika tidak mengikuti Tips memilih bra yang tepat

1. Pernapasan terganggu

Jika bra terlalu ketat atau jika underwire (kerangka bawah bra) tidak pas pada tulang dada, Anda tidak akan bisa bernapas dengan benar.

2. Postur tubuh yang buruk

Bra terlalu ketat dapat membuat Andan cenderung membungkuk, sehingga menyebabkan ketegangan.

3. Lecet

Bra yang kekecilan juga dapat membatasi sirkulasi darah dan oksigen ke bagian-bagian tertentu dari tubuh. Gesekan dari bra yang ketat juga dapat menyebabkan goresan dan lecet pada kulit.

4. Nyeri payudara

Sirkulasi yang terbatas pada payudara dapat membuat Anda tidak nyaman. Hal ini dapat menyebabkan masalah berikutnya seperti nyeri pada payudara.

5. Sakit kepala

Bra ketat juga membatasi dibatasi aliran darah, menyebabkan kekurangan oksigen yang memicu sakit kepala.
Untuk menghindari masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat ukuran payudara yang kurang pas, sebaiknya cek kembali setiap 6 bulan karena ukuran payudara mengalami perubahan, terutama bila wanita sudah memiliki anak.
Jika menggunakan bra dengan kawat, maka cobalah membungkuk ke depan dan pastikan kawat berada di bawah payudara serta tidak berubah ketika berdiri atau payudara bergerak. Hal lainnya adalah pastikan pusat bra berada di antara payudara.
Jika saat melepas bra ada tanda merah, ada kemungkinan perlu ukuran cup yang lebih besar. Dan jika bahu sakit maka pilihlah bra dengan tali empuk atau lebar serta belilah bra yang bisa meregang karena kondisi tertentu bisa mempengaruhi ukuran bra.
Sumber :  detikHealth
Share on :
Tentang Wanita

1 comments:

Obat Kembali Gadis on 8 Januari 2013 00.41 mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us