Keindahan Air Terjun Sipiso-Piso di Tanah Karo

Panorama Keindahan Air Terjun Sipiso-Piso di Tanah KaroMenikmati keindahan air terjun adalah pengalaman yang luar biasa menyenangkan. Anda tidak harus ke Amerika untuk melihat air terjun Niagara yang Agung atau ke Brazil untuk melihat indahnya air terjun Iguazu. Di tanah air juga banyak terdapat air terjun yang indah, salah satunya adalah Air Terjun Sipiso Piso. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Danau Toba. Jadi jika anda kebetulan sedang liburan ke Danau Toba, mengapa tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat yang eksotis ini. Air Terjun Sipiso Piso adalah sebuah air terjun yang berada pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut dan memiliki vegetasi yang didominasi oleh hutan pinus. Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa Sipiso Piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian sekitar 120 meter.

objek wisata Air Terjun Sipiso Piso

Nama Air Terjun Sipiso Piso memang unik, memiliki arti pisau. Penduduk memberikan nama ini karena air yang jatuh dari puncak Air terjun sangat deras sehingga diumpamakan seperti bilah pisau yang tajam. Selain itu lingkungan di sekitar air air terjun ini juga sangat curam. Dari kejauhan anda hanya akan melihat pegunungan yang hijau kemudian di tengahnya ada Air Terjun Sipiso Piso. Tempat wisata ini terletak di Desa Togging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk mengakses lokasi ini diperlukan waktu sekitar 45 menit dari kota Medan. Jika anda ingin mengakses tempat ini dari Brastagi, anda hanya perlu menuruti jalan ke Parapat. Kemudian anda akan melewati Kota Kabanjage, disini anda akan menemukan tanda jalan yang menunjukkan bahwa air terjun sudah dekat. Setelah memukan tanda jalan itu, lanjutkan perjalanan dengan belok ke kiri dan lanjutkan hingga anda sampai ke Danau Toba. Dari sini anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Sipiso Piso dengan berjalanan kaki melintasi lereng bukit.

objek wisata Air Terjun Sipiso Piso 2

Menyusuri keindahan Air Terjun Sipiso Piso akan terasa menyenangkan terutama karena jalan untuk mengakses air terjun tersebut adalah jalan setapak yang berada di ketinggian. Bayangkan anda berada di punggung bukit dengan jurang di sisi jalan. Hal ini mungkin terasa sedikit menakutkan, namun di sisi lain juga mengagumkan karena anda bisa melihat air terjun jatuh dengan sangat deras. Karena berada di ketinggian laut, cuaca disini juga sangat segar dan asri. Jadi perjalanan anda tidak akan terasa, bahkan mungkin terasa kurang. Dengan ketinggilan lebih dari 120 meter, maka butiran air yang jatuh ke dasar air terjun sangatlah besar, lebih besar dari percikan air yang jatuh ke Air Terjun Sigura-gura.

objek wisata Air Terjun Sipiso Piso 3

Anda bisa menikmati keindahan Air Terjun Sipiso Piso dari kejauhan. Ada sebuah pos pemantauan yang bisa anda singgahi untuk melihat keelokan air terjung ini. Jika masih belum puas, anda bisa turun ke bawah untuk melihatnya dari dekat. Mencapai dasar air terjun perlu sedikit pengorbanan karena cukup tinggi. Oleh sebab itu, perlu stamina ekstra jika anda ingin menyusuri air terjun ini hingga ke dasarnya. Jalan setapak yang berliku-liku akan menambah berat perjalanan anda. Namu jangan khawatir, keindahan alam disana serta melihat langsung air terjun dari dekat akan menghapus rasa lelah tersebut. Jika anda tidak ingin turun ke dasar air terjun, anda bisa melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Sipiso-piso. Anda juga bisa mencoba kegiatan lain yang tidak kalah seru seperti paragliding.

objek wisata Air Terjun Sipiso Piso 4

Tidak hanya soal keindahan air terjunnya saja, berinteraksi dengan masyarakat lokal juga merupakan pengalaman yang berharga. Masyarakat disini kebanyakan adalah nelayan yang sering mencari ikan di Danau Toba. Lokasi wisata ini biasanya ramai pada akhir pekan. Jadi jika anda ingin melihat tempat tersebut sedang banyak pengunjung, anda bisa datang saat weekend. Atau jika anda ingin datang kesana dengan sepi dan nyaman, silakan hindari liburan sekilas.

objek wisata Air Terjun Sipiso Piso 5

Nah, itu adalah sedikit informasi tentang objek wisata Air Terjun Sipiso Piso. Selamat berlibur!

Tips Utama

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us