loading...

6 Kebiasaan Yang Salah Secara Medis


6 Kebiasaan Salah Secara Medis


Mungkin hal-hal berikut yang akan saya bahas sering kita lakukan ketika sakit menyerang. Sesuai dengan judulnya, ternyata secara medis kebiasaan-kebiasaan tersebut salah atau keliru. Kebiasaan-kebiasaaan yang mungkin telah diwariskan secara turun temurun (hehehhehe.... sampai diwariskan begitu). Dan secara sadar atau tidak sadar kita ternyata selama ini salah. Apa saja 6 kebiasaan yang salah secara medis tersebut? Nanti kita bahas lebih lanjut. Nah, untuk awalannya, bahasan ini diambil dari buku karya DR. Dr. Umar zein, DTM&H., Sp.PD., KPTI yang berjudul "Ilmu Kesehatan Umum". Yang mau beli silakan datang ke toko buku terdekat di kota anda (hehehehhe.... kayak promosi! ^_^). Cover bukunya seperti yang di gambar ya, jadi jangan sampai salah beli (yeahahahhaa.... promosi lagi!). Ok, kita lanjut ke bahasan 6 kebiasaan salah secara medis tersebut.

Masuk angin harus dikerok
Pasti sahabat pernah dikerok atau di suruh ngerokin. Kalau saya sih sering waktu bapak masuk angin. Apalagi kalau lembur, sering banget bapak masuk angin. Jadi tugas ngerokin jatuh ke saya. Ckckckcckkkkk....!!


Faktanya : 
Kerokan ternyata bukan pertanda anginnya keluar, melainkan pecahnya pembuluh kapiler tepi yang berada dikulit. Tidak mengherankan, jika beberapa waktu setelah kerokan, gejala-gejala masuk angin akan kembali terjadi. Kerokan akan menimbulkan rasa sakit, tapi karena sudah ada rasa sakit atau pegal otot, maka dengan rangsangan sakit yang baru akan menimbulkan rasa seolah-olah rasa sakit pertama berkurang atau "terlupakan".


Apa sih itu angin duduk? Angin duduk adalah rasa masuk angin yang disertai keringat berbutir-butir besar dan nyeri, rasa tertekan, atau rasa berat di dada. Ini mungkin merupakan gejala awal serangan jantung berat akibat sumbatan aliran darah ke otot jatung yang berfungsi memompakan darah keseluruh tubuh. Bila nyerinya pada perut disertai dengan tegang pada dinding perut, kadangkala muntah dan berkeringat dingin, ini mungkin peristiwa nyeri 'kolik', yaitu nyeri tiba-tiba akibat gangguan fungsi organ internal, seperti usus, lambung, empedu, ginjal, atau uterus. Dan angin duduk ini tergolong serius karena dalam beberapa kasus ada yang sampai meninggal karena penanganan yang salah.


Faktanya :
Apabila menderita angin duduk, jangan dipijat atau dikerok. Kejadian orang yang meninggal ketika dipijat, menunjukkan betapa penangan yang salah dapat berakibat fatal. Hal yang harus dilakukan adalah : Pemberian oksigen dan obat serta tindakan diagnostik khusus. Ini mungkin merupakan gejala awal serangan jantung berat akibat sumbatan darah keseluruh tubuh.

Syukur sampai sekarang saya belum pernah kena penyakit ini. Mungkin ada sahabat yang pernah mengalaminya? Karena saya belum pernah mengalaminya, jadi tidak bisa bercerita banyak.


Faktanya :
Hal ini malah bertentangan dengan prinsip medis, dimana pada penderita penyakit cacar air atau campak dengan kelainan pada kulit yang menyeluruh, justru harus menjaga kebersihan kulit dengan mandi lebih sering agar perluasan penyakit dapat dicegah, disamping menggunakan obat.

Nah, yang satu ini ibu saya paling bawel. Pasti selalu ngingetin saya untuk jangan mandi malam-malam. Apa iya ya bisa kena rematik?



Faktanya :
Hal ini tidak benar. Kalau kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan memerlukan mandi untuk kebersihan, tidak ada masalah mesdkipun mandi malam hari. Tetapi pada penderita rematik, dianjurkan mandi dengan air hangat.

Hihiihihiii... kalau yang satu ini masih sering saya lakukan. Walau sudah tahu salah, tapi tetap saja kalau demam saya tidak mandi. Tapi ibu saya juga bilang begitu kok! Atau memang dasar saya yang males mandi. hehehheheh..... ^_^

Faktanya :
Dengan mandi ketika demam dapat menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat. Tetapi, kalau demam disertai dengan rasa menggigil, mandi dengan air hangat akan lebih baik atau kompres dengan air hangat.

Ayo ngaku, pasti masih sering kan kebiasaan ini dilakukan. Apalagi yang pakai sarung kayak saya. Kalau deman sudah menyerang, pasti langsung selimutan pakai sarung. hehehehh.....!!



Faktanya :
Pakaian tebal/ selimut akan menaikan suhu tubuh. Suhu yang sangat tinggi (39 derajat atau lebih) pada anak-anak bisa menyebabkan kejang-kejang. Disarankan untuk mengenakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin.

Yep, itulah beberapa kebiasaan salah secara medis yang masih sering dilakukan oleh masyarakat kita. Semoga sedikit membantu dan menambah pengetahuan sahabat karena seperti yang kita tahu bahwa sakit itu mahal. Selamat membaca!! ^_^
Gambar dan info : *http://www.kaskus.us
Share on :
Kesehatan

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us