Danau Biru Yang Menakjubkan di Afghanistan! - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

02 Agustus 2012

Danau Biru Yang Menakjubkan di Afghanistan!


Di tengah gersangnya padang pasir Afghanistan,ada sebuah oase yang begitu sejuk dipandang mata. Namanya Band-e Amir. Ditempat ini terdapat enam danau yang airnya memiliki warna biru yang tegas.Begitu menentramkan kala dilihat berlama-lama.

Kanan kirinya hanya ada padang pasir takberujung, semak berduri, dan rumah-rumah yang dibangun darilumpur. Inilahpemandangan yang menakjubkan,

Band-e Amir berada di kaki bukit Hindu Kushyang terletak di pusat Afghanistan. Hindu Kush merupakan pegunungan tertinggikedua di dunia yang jaraknya 80 kilometer dari kota kuno Bamiyan.

Terbentuknya enam danau ini berasal dari airkarbondioksida yang meluncur dari mata air di sekitar gunung. Air itu keluardari lansekap berbatu. Rembesan air kemudian meluruhkan kalsium karbonat yangmenjadi komposisi utama minerat padabebatuan di sana. Dalam jangka waktu lama,mineral mengeras dalam bentuk cekungan dan membuat lelehan air terperangkap didalam. Jadilah sebuah bendungan besar.

Sementara itu, jernihnya warna biru danau inidisebabkan keurnian air dan bersihnya udara. Kandungan mineral yang tinggididuga turut memberikan kontribusi pada pembentukan warna biru. Danau yangterbesar adalah Band-e Zulfiqar yang panjangnya 6,5 kilometer. Sedangkan, danauyang terkecil adalah Band-e Panir dengan diameter 100 meter.




Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...