Tipe Orang yang Berisiko Kena Asam Urat - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

14 Februari 2011

Tipe Orang yang Berisiko Kena Asam Urat


Ada anggapan bahwa asam urat adalah penyakitnya orang kaya, yang hidupnya serba enak sehingga jarang olahraga. Namun ternyata, penyakit
ini bisa menyerang siapa saja.

Siapa saja yang rawan terkena asam urat?

Ada beberapa hal yang bisa dikenali sebagai faktor risiko serangan asam urat atau disebut juga gout. Beberapa ciri orang yang punya faktor risiko mengalami serangan gout seperti dikutip EmedTV, Selasa (8/1/2011) adalah sebagai berikut.

1. Pria Asam urat sering dianggap sebagai penyakitnya pria. Anggapan ini ada benarnya, sebab wanita lebih banyak memproduksi hormon esterogen yang mampu mencegah pembentukan asam urat. Sekitar 98 persen serangan asam urat pada wanita hanya terjadi pada usia menopause.

2. Penggemar seafood Asam urat merupakan penyakit radang yang dipicu oleh pengkristalan asam urat (uric acid). Asam ini merupakan sisa metabolisme purin, yakni senyawa alami yang terdapat dalam beberapa jenis makanan, misalnya jeroan dan seafood.

3. Peminum alkohol Selain makanan, jenis minuman tertentu juga kaya akan kandungan purin. Salah satunya adalah minuman keras beralkohol.

4. Pemilik tubuh gemuk Jaringan tubuh yang lebih banyak pada orang gemuk membuat proses penguraian purin menjadi asam urat lebih cepat sehingga mudah mengalami penumpukan. Jika tidak diimbangi dengan banyak minum air putih, maka risiko untuk terkena penyakit asam urat akan semakin tinggi.

5. Keluarga penderita asam urat Riwayat keluarga merupakan salah satu faktor risiko serangan asam urat. Sekitar 18 persen penderita asam urat memiliki riwayat penyakit yang sama pada salah satu anggota keluarganya, entah dari orang tua maupun kakek-neneknya.

sumber : health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...