Inilah Pesawat Tercepat di Dunia - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

23 Desember 2010

Inilah Pesawat Tercepat di Dunia


Sebuah pesawat eksperimen berhasil memecahkan rekor penerbangan hipersonik Mach 6 atau enam kali kecepatan suara selama lebih dari tiga menit. Rekor sebelumnya hanya selama 12 detik. Pesawat bernama X-51A Waverider ini awalnya dipasang pada sayap pesawat B-52 Stratofortress di selatan California pada Rabu pagi, 26 Mei 2010. X-51A kemudian dilepaskan, mesin jetnya kemudian berakselerasi sampai pada kecepatan Mach 6. Dia terbang selama 200 detik pada kecepatan itu sampai kemudian kehilangan akselerasi.


"Kami gembira telah berhasil melakukan uji coba X-51 A untuk misi hipersonik pertamanya," kata Charlie Brink, program manager X-51A Laboratorium Riset Angkatan Udara di Ohio, Amerika Serikat.

"Kami menyamakan lompatan teknologi mesin ini setara dengan lompatan setelah Perang Dunia II dari pesawat bermesin propeller ke jet," kata Brink.

Waverider ini dibangun oleh Pratt & Whitney Rocketdyne dan Boeing Co. Joe Vogel, Direktur Hipersonik Boeing mengatakan, "Ini rekor dunia baru dan memberikan fondasi bagi sejumlah aplikasi hipersonik, termasuk akses ke angkasa, pengintaian, jangkauan global dan transportasi komersial."

Saat ini ada empat pesawat X-51A yang telah dikembangkan. Tiga lainnya akan diujicobakan pada musim gugur ini. "Tak ada uji coba yang sempurna," kata Brink. "Dan saya yakin, kami akan menemui anomali yang harus ditangani sebelum penerbangan berikutnya."

http://terberita.blogspot.com/2010/12/inilah-pesawat-tercepat-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...