Dompet Ajaib Yang Bisa Mengerem Nafsu Belanja - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

13 Desember 2010

Dompet Ajaib Yang Bisa Mengerem Nafsu Belanja



Tak semua orang bisa mengerem keinginan impulsif mereka untuk berbelanja. Namun, kini hal itu bisa diatasi dengan kehadiran tiga buah dompet ajaib besutan para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Dengan dompet-dompet yang dinamakan Proverbial Wallet, penggunanya bisa semakin mudah untuk mengendalikan pengeluaran mereka, karena dompet-dompet ini dirancang untuk bisa mengetahui kondisi finansial pemiliknya.

Dompet pertama yang dinamakan dompet Bumblebee, adalah dompet yang dilengkapi dengan vibrator. Dompet itu akan bergetar setiap kali rekening pemilik dompet itu tengah berubah.Setiap kali transaksi keuangan terjadi, dompet akan mengetahuinya.

Ia bisa bergetar dengan pola getar yang bisa diprogram. Bahkan ia juga bisa disetel untuk memperingatkan adanya upaya penipuan, ketika dompet bergetar tanpa adanya sebuah transaksi pembelian. Sementara, dompet lain yang dinamakan Peacock, bisa mengembang atau mengempis seiring dengan kondisi keuangan pemiliknya.

Adapun dompet model Mother Bear bisa membuka atau menutup sesuai dengan kondisi keuangan pemiliknya. Ia dilengkapi dengan engsel yang terkoneksi dengan internet dan mengetahui posisi rekening bank pemiliknya.

Saat uang pemiliknya masih tebal, dompet tesebut masih mudah dibuka-buka. Sementara bila kondisi keuangan sudah semakin menipis, maka dompet itu akan semakin sulit untuk dibuka, 'memaksa' pemilik dompet untuk lebih berhemat.

Dompet-dompet ini terhubung dengan data rekening bank pemiliknya melalui koneksi internet, lewat sinyal Bluetooth yang dipancarkan oleh ponsel. Platform ini memanfaatkan mikroprosesor yang ditanam di dompet. Namun ia juga membutuhkan sebuah aplikasi yang ditanam di ponsel.

Dari data-data masukan dari internet tentang rekening pemilik dompet tersebut, maka sistem ini akan mengeluarkan perintah keluaran kepada vibrator atau motor engsel di dompet.

“Ini adalah cara untuk membuat sesuatu yang tidak memiliki properti fisik, misalnya rekening bank, bisa lebih terasa secara fisik,’’ kata Henry Holtzman, direktur riset yang merancang dompet-dompet ini. Yang terpenting, dompet-dompet ini diharapkan bisa membuat uang pemiliknya bisa lebih 'awet' dan terkendali.


Sumber : http://www.duniavirtual.com/artikel/409/dompet_ajaib_yang_bisa_mengerem_nafsu_belanja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...