SERAHKAN BUKTI 'PHOTOSHOP' KEPADA HAKIM, HUKUMAN MALAH BERTAMBAH BERAT - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

24 Agustus 2010

SERAHKAN BUKTI 'PHOTOSHOP' KEPADA HAKIM, HUKUMAN MALAH BERTAMBAH BERAT

Seorang penipu mencoba melakukan olah digital, alias 'photoshopping', untuk merayu hakim. Bukannya dapat keringanan, hukumannya malah jadi tambah berat gara-gara menyerahkan gambar itu sebagai bukti.

Daryl Simon punya reputasi buruk sebagai penipu. Ia terlibat dalam kasus pemalsuan kartu kredit, kepemilikan benda curian dan beberapa kasus lain dari 2006. Kabur dari tuntutan hukum, Simon sempat menyamar sebagai pesulap sebelum akhirnya tertangkap di 2008.

Saat ini, Simon sedang menjalani sidang untuk kasus-kasus penipuannya tersebut. Seperti dikutip detikINET dari DailyTech, Rabu (28/7/2010), Simon berusaha mengurangi masa hukumannya dari kasus-kasus tersebut. Caranya dengan membuktikan bahwa ia kerap terlibat sebagai sukarelawan di rumah sakit.

Kepada hakim bernama Stephen Robinson, Simon menampilkan foto dirinya sedang membantu pasien terapi fisik di rumah sakit. Selain itu ia juga menampilkan dirinya sedang membantu anak-anak sekolah belajar di sekolah.

Tapi apa mau dikata, penuntut menemukan bahwa dalam banyak foto itu pose Simon sebenarnya sama saja. Hanya latar belakangnya yang berubah. Bahkan ada beberapa foto yang nampak dibalik, dari menghadap kiri jadi ke kanan.

"Bukti bahwa gambar ini dimasukkan dan dibalik dapat dilihat dengan memperhatikan sebuah detil dari pakaiannya. Detil itu nampak di sisi kiri pada foto di atas, dan ada di sisi kanan pada foto di bawah," sebut pihak penuntut.

Lebih parah lagi, Simon ternyata juga memalsukan surat dari beberapa organisasi sosial untuk mendukung foto-foto tersebut.

Gara-gara adanya aksi 'photoshopping' tersebut, Simon mendapatkan hukuman penjara 285 bulan. Ini lebih berat 50 bulan dari hukuman maksimal yang seharusnya dikenakan padanya. Sang hakim pun menyebut Simon berusaha menipu pengadilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...