REMAJA INI TERSAMBAR PETIR TANGGAL 13 JAM 13 LEBIH 13 MENIT - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

15 Agustus 2010

REMAJA INI TERSAMBAR PETIR TANGGAL 13 JAM 13 LEBIH 13 MENIT

Entah kebetulan atau memang nasib lagi sial menimpa X (nama disembunyikan). Remaja Inggris ini tersambar petir pada Jumat, 13 Agustus 2010, pukul 13 lebih 13 menit. Remaja X itu kebetulan berusia 13 tahun tersambar petir ketika menonton Festival Udara Lowestoft Seafront di Inggris.

Beruntung, nyawa X diselamatkan oleh relawan St John Ambulance yang langsung membawa ke Rumah Sakit James Paget, dalam kondisi luka bakar ringan. Rex Clarke, ketua tim St John Ambulance, menuturkan, saat petir menyambar, sepanjang hari itu memang hujan turun lebat.

"Sore hari, kami melihat kilatan petir besar di atas laut dan mendengar gemuruh dan guntur yang teramat keras," kata Rex ditulis Daily Mail.

Menurut Rex, selain remaja X itu, ada dua orang lagi yang tersambar petir di lokasi yang sama. Saat itu mereka bertiga sedang memegang payung yang kemudian justru berubah menjadi konduktor listrik.

Clarke sendiri takjub melihat kondisi remaja itu. Menurut pengalamannya sebagai paramedik, tersambar petir adalah kecelakaan serius yang bisa membawa dampak fatal bagi jantung korban. "Ketika kami sampai di lokasi kejadian, korban masih sadar dan bernapas," katanya.

Clive James, pakar pertolongan pertama St John Ambulance, menjelaskan, dampak terberat dari sambaran petir adalah berhentinya detak jantung dan pernapasan dengan seketika. "Jika ini terjadi, beri korban napas buatan secepatnya dan langsung hubungi ambulans," ia memberi tips.

Ditambahkan James, sambaran petir juga bisa mengakibatkan luka bakar atau cedera benturan. "Jika korban tidak bisa berjalan, pindahkan ia secepatnya dari lokasi. Sebab, kilat bisa menyambar di tempat yang sama," katanya (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...