PELECEHAN SEKS PASKIBRAKA LARI BUGIL HARUS TERUS DITELUSURI KEBENARANNYA - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

19 Agustus 2010

PELECEHAN SEKS PASKIBRAKA LARI BUGIL HARUS TERUS DITELUSURI KEBENARANNYA


Seorang anggota Paskibraka tingkat DKI Jakarta dilaporkan mendapatkan pelecehan seksual dari seniornya. Siswi tersebut diminta lari telanjang dari kamar mandi ke kamar berkali-kali. Laporan tersebut dilayangkan orangtua siswi yang namanya belum diketahui itu.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2010) mengatakan telah mengetahui hal tersebut. Foke mengatakan ak



an melakukan tindakan tegas. “Saya kira mereka yang bertindak tidak sesuai kode etik akan dikenakan sanksi,” ujar Foke singkat.

Soal sanksi, Foke mengatakan belum dapat mengutarakannya. “Nanti kita lihat karena belum tentu semuanya pegawai negeri,” kata Foke. Ditambahkannya, saat ini dirinya tengah meminta laporan lengkap soal kasus pelecehan seksual tersebut.



Kasus dugaan pelecehan seksual terhadap calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Provinsi Jakarta diduga terjadi pada sore hari. Di saat itulah jadwal Orientasi Kepaskibrakaan sangat padat, sehingga tak memungkinkan anggota Paskibraka untuk bersiap secara maksimal.

Demikian diungkapkan Ketua Tim Investigasi Internal Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Jakarta, Mohamad Mahdi, saat ditemui Kompas.com di lapangan IRTI Monas, Selasa (17/8/2010).

Mahdi mengatakan, masa orientasi seperti itu bisa saja memakan waktu selama sebulan. Namun, untuk orientasi di level provinsi, hanya dilakukan selama lima hari pada 2-6 Juli 2010. “Kalau itu terjadi, mungkin terjadi sore hari setelah latihan baris-berbaris. Kalau di tingkat nasional masa orientasinya satu bulan, untuk provinsi hanya empat hari, padahal konsepnya sama,” kata Mahdi.

Dalam masa orientasi di Kompleks Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Lemdikanas) Cibubur tersebut, setiap hari 30 calon Paskibraka dari Jakarta diharuskan bangun subuh. Mereka kemudian diwajibkan mengepel lantai, menyetrika pakaian, dan juga berolahraga pagi hingga pukul 07.00 WIB.

Setelah itu, calon Paskibraka masuk ke barak untuk sarapan dua butir telur rebus dan segelas susu. Selanjutnya masuk barak tidur untuk persiapan mandi dan kemudian melakukan latihan baris-berbaris hingga pukul 12.00.

Usai istirahat, shalat, dan makan siang, para siswa kembali berlatih dengan diselilingi shalat azar. Latihan selesai pada pukul 17.00. Setelah itu, anggota Paskibraka mulai mandi sore, shalat Magrib dan makan malam.

Tepat pukul 19.00, mereka harus sudah siap mengikuti sesi pelajaran hingga pukul 21.00. Jeda dua jam antara latihan dan sesi pelajaran itulah yang sering kali memakan banyak waktu. Jika molor, kejadian seperti dikeluhkan orangtua Paskibraka mungkin saja terjadi. Namun, tidak ada orang di luar barak yang bisa melihat kejadian itu.

Bahkan, barak perempuan dan laki-laki terpisah dalam dua barak yang berjarak puluhan meter. “Mandinya itu ramai-ramai di barak mandi. Begitu keluar, tidak ada yang melihat karena itu barak tertutup dan terpisah (antara barak perempuan dan laki-laki),” kata Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi PPI DKI Jakarta, Yosse Yuliandra.

Untuk saat ini, Mahdi dan timnya masih menyelidiki kebenaran kejadian tersebut



Tim Investigasi Seks di Paskibraka Dibentuk






Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah DKI Jakarta masih menelusuri dugaan pelecehan seksual terhadap anggota Paskibraka saat mengikuti pelatihan di Kompleks Pendidikan Pramuka Nasional di Cibubur.

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Firmansyah mengatakan, kasus ini masih praduga dan belum ada bukti. "Masih ditelusuri kebenarannya dan tim investigasi telah dibentuk," ujarnya, Rabu 18 Agustus 2010.

Menurut Firmansyah, kalau disebut pelecehan seksual, ini sangat tendensius. Menurutnya pasti ada yang merasa tidak nyaman karena menerima perlakuan tidak menyenangkan.

"Tidak akan mencampuri tim investigasi Purna Paskibra Indonesia. Nantinya hasil investigasi akan diumumkan kepada masyarakat dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Kasus dugaan pelecehan seks terungkap setelah adanya pengaduan dari orangtua anggota Paskibraka. Disebutkan pelecehan seksual terjadi saat pelaksanaan pelatihan Paskibraka.

Purna Paskibra Indonesia merupakan organisasi atas wadah untuk mantan pengkibar bendera, yang telah terbentuk sejak tahun 1960-an. "Sekali lagi apakah benar ada pelecehan seksual. Ini masih penelusuran," ujarnya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...