HAL-HAL YANG TIDAK SENGAJA KITA LAKUKAN SAAT BERBOHONG - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

14 November 2017

HAL-HAL YANG TIDAK SENGAJA KITA LAKUKAN SAAT BERBOHONG

HAL-HAL YANG TIDAK SENGAJA KITA LAKUKAN SAAT BERBOHONG

Berbohong merupakan kebiasaan yang hampir pasti pernah dilakukan oleh semua orang. Baik itu berbohong untuk mengelabui teman bicara ataupun berbohong untuk tidak menyakiti perasaan lawan bicara kita.

Secara naluri, sebenarnya kamu bisa mengetahui apakah seseorang berbohong pada kamu atau tidak. Namun terkadang, kamu juga tidak dapat membedakan ketika seseorang berbohong atau berkata jujur. Hal ini disebabkan bahwa meskipun kamu tahu bahwa kamu dibohongi, namun pikiran bawah sadar kamu menjadi bingung.

Kamu dapat mengetahuinya dengan memperhatikan hal – hal berikut ini. Secara tidak sadar kamu akan melakukan hal – hal ini ketika sedang berkata bohong kepada lawan bicara kamu


1. Tiba-tiba berhenti saat bicara
Ketika kamu memberikan pertanyaan pada seseorang dan mereka tidak berbohong, maka mereka akan dengan lancar menjawab pertanyaan kamu sebab mereka mengatakan yang sebenarnya.

Namun, ketika seseorang berbohong pada kamu mereka pasti akan berhenti di tengah-tengah bicara. Hal ini dilakukan karena mereka membutuhkan waktu untuk berpikir tentang jawaban mereka. Selain perilaku tersebut, biasanya mereka juga akan meminta kamu untuk mengulang pertanyaan yang kamu berikan.

2. Mengangguk secara tidak sadar
Ketika seseorang berbohong, maka terjadi ketidaksinambungan antara perilaku verbal dan non-verbal mereka. Hal ini terjadi karena tubuh secara tidak sadar akan mencocokkan dengan apa yang kamu katakan. Sehingga walaupun ditutupi serapat mungkin, gerakan tubuh tidak akan mampu menutupi kebohongan.

Baca Juga : 

3. Menutupi wajah mereka
Ketika seseorang berbohong, maka akan secara alami mereka melakukan gerakan menutupi wajah. Jika mereka tahu bahwa mereka berbohong maka mereka akan mencoba untuk menutupi mata, mulut, atau tenggorokan mereka. Kecenderungan lain, selain menutupi wajah, mereka yang doyan bohong juga akan menutupi dada atau perut mereka.

4. Gelisah
Saat berbohong, maka tingkat kecemasan dan sistem saraf tubuh seseorang akan menegang. Darah akan mengalir deras di dalam wajah dan telinga mereka. Hal ini akan menyebabkan gerakan gelisah seperti menggigit bibir, berkedip dengan cepat, atau meremas tangan.

5. Memegang rambut
Isyarat lain yang biasanya dilakukan seseorang saat berbohong adalah memegang rambut atau melakukan hal kecil yang dianggap tidak penting seperti merapikan rambut dan baju. Mereka juga akan dengan gugup melakukan hal-hal tidak penting tersebut untuk menutupi kebohongan mereka.

6. Berdeham
Tingkat kecemasan yang ada di dalam tubuh seseorang biasanya akan menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Jika seseorang berdeham sebelum menjawab pertanyaan, maka besar kemungkinan mereka sedang berbohong.


7. Menjadi kaku
Selain menjadi gelisah, orang yang berbohong biasanya tubuhnya kaku. Hal ini terjadi karena secara alamiah tubuh akan mempersiapkan diri untuk berkonfrontasi.


8. Tidak konsisten
Berbohong akan membuat seseorang menjadi sulit untuk konsisten. Mereka akan cenderung membuat banyak kesalahan, lupa dengan rincian jawaban mereka, dan bisa tersandung dengan kata-kata yang mereka ciptakan sendiri.

9. Mengulangi hal yang sama
Orang yang berbohong biasanya mengulang hal yang sama. Hal ini mereka lakukan untuk meyakinkan diri mereka dan orang lain agar percaya.

10. Menggerak-gerakan kaki
Salah satu gerakan tubuh yang biasanya terjadi saat orang berbohong adalah mereka cenderung menggerak-gerakkan kaki mereka dengan gelisah. Hal ini menandakan mereka ingin segera keluar dari situasi yang menghimpit mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...