loading...

Tips Mudah Mengatasi Ban Tubeless Bocor


Kebocoran ban merupakan masalah yang sering dialami para pengendara mobil atau sepeda motor. Apalagi, jika kebocoran ban terjadi di tengah jalan. Bagi Anda pengendara motor, terpaksa harus mendorong ke tukang tambal ban terdekat. Jika Anda menggunakan ban tubeless, mungkin bisa lebih santai. Karena jika tertusuk paku, ban ini lebih kuat dibandingkan ban yang menggunakan ban dalam.

Jika ban tubeless terkena paku, biasanya pakunya akan menancap terus dan ban baru kempes beberapa waktu secara perlahan-lahan. Tapi, tetap saja, ban akan bocor seketika bila paku yang menancap dan merobek ban. Ban akan kempes seketika pula. Padahal, selain susah, perbaikan ban tubeless jauh lebih mahal.

Anda dapat menambal sendiri ban tubeless yang bocor dengan cara yang lebih mudah tanpa harus repot membawa kendaraan ke bengkel dan membayar mahal untuk itu. Tips berikut ini hanya butuh waktu sekitar 20-30 menit untuk dipraktekkan.
Yang diperlukan:

Tang untuk mencabut paku atau benda lain yang menyebabkan bocor.
Tusukan besi, cairan panas, karet tambalan sisipan.
Pisau

Penghalus kebocoran



Cara menambal:

1. Periksa ban yang bocor dan cari penyebab kebocorannya. Apakah karena paku atau benda lain.

2. Gunakan tang untuk mencabut benda yang menancap di ban, seperti paku. Cabut dengan hati-hati agar kebocoran tak menjadi lebih besar.

3. Masukkan penghalus ke lubang yang bocor. Tarik-keluar di lubang tersebut selama beberapa kali agar lubang yang bocor tersebut menjadi halus dan cukup besar untuk disisipkan karet tambalan. Setelah selesai, biarkan penghalus menempel di dalam ban.

4. Lepaskan penghalus secara perlahan-lahan dan gunakan cairan panas perekat untuk merekatkan bagian yang bolong tersebut. Oleskan sebanyak dua sampai tiga kali hingga cairannya merata.

5. Masukkan karet tambalan sisipan yang telah diolesi sedikit cairan perekat ke dalam lubang tersebut dengan menggunakan tusukan. Tekan kuat-kuat hingga timbul bagian yang menonjol. Pastikan bahwa pemasangan karet sisipan tersebut dilakukan dengan benar dan tidak ada kebocoran di bagian tersebut.

6. Cabut tusukan dan biarkan selama beberapa saat hingga karet sisipan tersebut menempel dengan sempurna.

7. Pompa ban dan potong bagian lebih karet sisipan yang menonjol dengan gunting.

8. Periksakan ke bengkel jika masih bocor.




Yang harus diperhatikan:

1. Selalu gunakan sarung tangan pelindung ketika menggunakan benda tajam seperti pisau, tusukan, dan penghalus.

2. Menggunakan alat penghalus dapat membantu dalam menghaluskan ban, tetapi tidak membuat ban Anda menjadi aus dan menyebabkan kebocoran yang lebih banyak.

Share on :
Tips Utama

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us