loading...

Tidur Dengan Cahaya Lampu Kurang Baik Untuk Kesehatan

Tidur dengan lampu menyala dapat mengganggu melatonin. Melatonin berfungsi membantu mempromosikan tidur yang lebih dalam (nyenyak), mood yang lebih baik serta meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh kita.

Tidur di bawah cahaya atau lampu yang menyala bisa membuat suasana hati yang “gelap” keesokan harinya. Para ilmuwan telah memperingatkan, dikatakan bahwa lampu malam dapat mempengaruhi struktur otak, meningkatkan kemungkinan depresi. 


Tidur Dengan Cahaya Lampu Kurang Baik Untuk Kesehatan-Cahaya yang dipancarkan oleh TV atau kehadiran yang meyakinkan dari lampu malam, bisa cukup untuk berdampak pada kesehatan mental. Peringatan ini telah dipresentasikan pada sebuah konferensi terkemuka, bahwa dalam jangka waktu panjang tentang potensi buruk mengganggu tubuh dari siklus tidur-bangun.
Pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan perbedaan struktur daerah otak yang disebut hippocampus.

Perubahan ini dapat membuat lebih sulit untuk pesan kimia yang lewat di antara sel-sel otak. Peneliti mengatakan, "Hippocampus memainkan peran kunci dalam gangguan depresi, sehingga menemukan perubahan yang signifikan”.

Bahkan cahaya redup di malam hari sudah cukup untuk memprovokasi perilaku depresi.

Tidur dengan Lampu menyala bisa berdampak buruk. Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko leukemia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap untuk memproduksi chemicals, dan berfungsi melawan kanker. Bahkan ketika lampu toilet atau lampu malam ketika tidur, bepergian melintasi zona waktu, bahkan lampu jalan dapat menghentikan produksi melatonin.

Tubuh memerlukan zat untuk mencegah kerusakan DNA dan kurangnya melatonin akan menghentikan asam lemak yang bisa menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.

Jumlah anak-anak dengan leukemia naik menjadi dua kali lipat dalam 40 tahun terakhir. Sekitar 500 remaja di bawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini setiap tahun.

Ini menekan produksi melatonin, yang biasanya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling rentan adalah para pekerja shift. Bahkan, orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin, mereka memiliki resiko yang lebih rendah dari kanker. Jadi disarankan tidur dengan lampu dimatikan atau yang redup menggunakan warna merah atau kuning jika takut pada kegelapan.

Strategi untuk Kelompok Khusus

Beberapa orang memiliki jadwal yang bertentangan dengan jam internal tubuh mereka. Misalnya, pekerja shift dan remaja yang memiliki jadwal sekolah lebih awal mungkin mengalami kesulitan mendapatkan tidur yang cukup. Hal ini dapat mempengaruhi bagaimana mereka merasa, secara mental, fisik, dan emosional. 

Jika Anda seorang pekerja shift, Anda mungkin merasa perlu untuk:

  • Tidur siang atau meningkatkan jumlah waktu yang tersedia untuk tidur.
  • Bekerja dengan lampu terang di tempat kerja.
  • Membatasi/mengatur perubahan shift kerja sehingga jam tubuh Anda untuk istirahat dapat di sesuaikan. 
  • Batasi penggunaan kafein untuk bagian pertama dari pergantian shift. 
  • Hindari suara dan gangguan cahaya di kamar tidur ketika saat tidur siang (misalnya, menggunakan tirai untuk menutupi cahaya).
  • Hindari makanan berat atau besar dalam waktu beberapa jam sebelum tidur. (Memakan makanan ringan tidak apa-apa).
  • Menghabiskan waktu di luar setiap hari (bila mungkin) dan aktif secara fisik.
  • Jaga kamar tidur tenang, sejuk, dan gelap (lampu malam redup yang berwarna baik-baik saja, jika diperlukan).
  • Mandi air panas atau menggunakan teknik relaksasi sebelum tidur.Tidur siang hari dapat memberikan dorongan dalam kewaspadaan dan kinerja. Namun, jika Anda sulit tidur di malam hari, batasi tidur siang atau mengambil waktu tidur lebih awal di malam hari. Orang Dewasa bisa tidur siang tidak lebih dari 20-45 menit.

Tidur siang pada anak-anak adalah normal dan mempromosikan pertumbuhan yang sehat dan perkembangan.

Jika masih belum bisa tertidur di siang hari atau memiliki masalah beradaptasi dengan jadwal shift-kerja, berbicara dengan seseorang tentang pilihan lain untuk membantu tidur.

Bila mungkin, pengusaha dan sekolah dapat membantu untuk mempertimbangkan pilihan untuk menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan kekurangan tidur.
Share on :
Kesehatan

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us