Perbedaan Spesifikasi Antara Laptop, Notebook Netbook - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

04 Agustus 2012

Perbedaan Spesifikasi Antara Laptop, Notebook Netbook


Perbedaan spesifikasi antara Laptop, Netbook dan Notebook | Perkembangan dunia teknologi komputermemang sangat pesat, dulu hanya komputer PC namu tidak lama keluar teknologi komputer Laptop yang mempunyai kelebihan bisa di bawa kemana-mana, Menurut jenisnya komputer dibagi menjadi tiga kategori: yakni desktop, laptop, dan palmtop. Untuk komputer jenis desktop hanya ditempatkan di atas meja kerja dant kurang praktis karena kurang mobile, laptop

artinya komputer yang bisa dipangku sesuai dengan kata awalannya

"lap" yang berarti pangkuan, Sedangkan palmtop dengan awalan kata "palm" yang berarti genggaman, artinyakomputer yang bisa digenggam.

Pada awal tahun 1990-an, muncul istilah baru yakni Notebook yang awalnya ini didefinisikan untuk laptopyang ukurannya lebih kecil. Dalam perkembangan selanjutnya laptop dan notebook diidentifikasikan dengan barang yang sama. Laptop diidentifikasikan dengan komputer yang bisa dilipat dan dipangku. Sedangkannetbook adalah bagian dari laptop, yakni notebook yang berukuran lebih kecil, ringan sehingga lebih mobile dan identik dipergunakan untuk internet.

Netbook sendiri merupakan kependekan dari "Internet Notebook". Secara fisik untuk membedakan antaralaptop, notebook dan netbook adalah dari ukuran dan fungsinya.

Varian notebook yakni ukurannya 12", 13", 14", 15, dan 17" dan memiliki fasilitas yang lengkap termasuk optical disc drive ( CD/DVDRW ), sedangkan Netbook ukurannya lebih kecil yakni 8", 10, 11" dan 13" dan ciri utamanya biasanya tidak dilengkapi dengan optical disc drive.

Laptop/Notebook

Kelebihan

- Kinerja dan performa lebih tinggi dan secara fungsional hampir bisa menggantikan PC Desktop

- Konsumsi listrik lebih rendah dibandingkan PC Desktop

- Varian model sangat banyak

Kekurangan

- Bentuk Fisik yang besar sehingga untuk mereka yang memang sangat mobile dirasa kurang nyaman

- Baterai yang tidak bisa tahan terlalu lama karena konsumsi listrik prosesor tinggi

Netbook

Kelebihannya

- Harganya lebih murah

- Ukuran kecil, beratnya sangat ringan sehingga cocok untuk mereka yang mobile

- Daya tahan baterai lebih lama

Kekurangannya

- Performa prosesor lebih rendah dibandingkan dengan laptop/notebook

- Tidak memiliki Optical Disc drive internal sehingga sedikit menyulitkan jika akan membaca data ataupun entertainment yang menggunakan keping CD/ DVD, tapi untuk pengguna Netbook sekarang, jangan khawatir karena ada CD/DVD eksternal yang bisa langsung di aplikasikan dengan netbook, bahkan samsungnetbook dalam penjualan netbooknya ada yang include CD/DVD walaupun dari segi harga aga sedikit mahal dibanding harga netbook pada umumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...