Tips Membuat Resume Yang Baik Dan Benar untuk Melamar Kerja - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

14 Maret 2012

Tips Membuat Resume Yang Baik Dan Benar untuk Melamar Kerja


Pada saat Anda membuat surat lamaran kerja, tentu juga menyertakan sebuah Resume tentang diri Anda. Mungkin ada beberapa orang yang sedikit kesulitan dalam membuat resume yang baik dan benar. Untuk diterima diperusahaan yang Anda lamar, segala sesuatunya harus dibuat dengan baik dan benar karena itu adalah hal pertama yang menjadi pertimbangan bagi perusahaan sebelum Anda dipanggil untuk menjalani tes dan wawancara.
Beberapa tahun ke belakang, CV (Curriculum Vitae) merupakan salah satu persyaratan yang haru dilampirkan pada surat lamaran kerja, namun sekarang beberapa perusahaan mengharuskan pelamar untuk melengkapi surat lamaran kerja dengan resume.
Berikut saya tuliskan beberapa tips membuat resume yang baik dan benar yang saya rangkum dari berbagai sumber dan juga tentunya pengalaman pribadi.

Tips Membuat Resume Yang Baik Dan Benar

1. Nama Lengkap dan Deskripsi Jabatan

Nama harus dituliskan dengan benar dan lengkap berikut gelar akademis yang telah dicapai. Deskripsi Jabatan juga dituliskan secara singkat dengan menjelaskan mengenai aktivitas Anda sehari-hari. Dalam penulisan kata dan kalimat, Anda gunakan kata dan kalimat semudah mungkin agar pembaca mengetahui seperti apa persisnya aktivitas Anda tersebut.

2. Waktu dan Tempat

Waktu dan tempat yang dimaksud adalah berhubungan dengan riwayat pendidikan dan pekerjaan Anda selama ini. Pastikan Anda menuliskan dengan benar tanggal dan tempat pada riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan Anda. Misalnya kapan Anda mulai bekerja di perusahaan A, kapan Anda menempati suatu jabatan di perusahaan tersebut, atau kapan Anda pindah ke perusahaan lain, dan lain sebagainya. Waktu-waktu tersebut harus Anda tuliskan secara benar. Bila tidak dituliskan secara detail maka kemungkinan pembaca akan menebak-nebak waktu riwayat kerja Anda yang bisa saja tebakan itu malah merugikan diri Anda.

3. Detail Informasi

Bila Anda menggunakan kata atau istilah-istilah khusus dalam resume Anda, maka sebaiknya jelaskan secara detail kata atau istilah tersebut agar dimengerti pihak pembaca.

4. Ringkas dan Relevan

Menuliskan pekerjaan, pendidikan atau pelatihan yang pernah diikuti harus proporsional. Tulis yang sesuai dengan kepentingan pembaca resume. Misalnya Anda melamar sebagai Manager Acounting, maka tulislah mengenai pekerjaan Anda sekarang yang mendukung kepada jabatan baru yang dilamar yaitu Manager Accounting, tidak usah menuliskan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda lamar.

5. Panjang Resume

Biasanya, panjang resume terdiri dari dua halaman. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan bila memang masih ada hal-hal penting lainnya yang perlu dituliskan maka resume bisa lebih panjang lagi asalkan tidak lebih dari 3 halaman karena belum tentu pembaca resume mau membaca sampai habis resume Anda.

6. Susunan Kata dan Kalimat

Karakter seseorang bisa dinilai dari cara seseorang tersebut menuliskan sesuatu. Begitu juga dalam resume yang baik, penulisan kata demi kata yang membentuk kalimat harus disusun sedemikian rupa agar mudah dibaca dan tidak bertele-tele.

Perhatikan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca, jangan sampai ada kesalahan penulisan. Bila Anda menulis resume dalam bahasa Inggris dan merasa belum percaya diri dengan yang Anda tulis maka tidak ada salahnya meminta bantuan teman atau kerabat yang lebih mahir bahasa Inggris untuk mereview resume Anda.

7. Tampilan Resume

Selain isi resume yang baik, Anda juga harus memperhatikan tampilan resume. Pilih font / jenis huruf standar jangan gunakan huruf artistik. Gunakan kertas yang baik, rapi dan bersih.

Demikian tadi tips membuat resume yang baik untuk melamar kerja. Saya do’akan semoga Anda diterima diperusahaan yang Anda lamar setelah membuat lamaran kerja, membuat resume yang baik, dan menjalani wawancara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...