Cara Mencegah Tulang Keropos

DALAM keadaan normal, seseorang akan kehilangan 0,9 persen tulangnya setiap tahun. Namun pada wanita setelah mengalami menopause di usia 40–50 tahun,akan terjadi kehilangan tulang 2–4 persen per tahun akibat menurunnya hormon estrogen.

Sementara pada pria, akan terjadi pada usia 50–60 tahun dengan terjadinya andropause akibat berkurangnya hormon testosteron. Simak beberapa cara mencegah tulang keropos, berikut ini:
Cara MenCegah Tulang Keropos
Konsumsi kalsium yang cukup

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, perlu diperhatikan produk pangan yang disantap. Salah satu sumber kalsium yang cukup baik adalah susu. Dua gelas susu sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Kalsium juga banyak terdapat di kacang kedelai, kacang hijau, dan jenis kacang lainnya.

Banyak terpapar vitamin D

Vitamin ini mampu memelihara kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dari sistem pencernaan, serta mengurangi pembuangannya dari ginjal. Kebutuhan vitamin D yang normal per hari adalah 400 mg. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan seperti ikan (salmon dan sarden), kuning telur, hati, susu, keju, dan produk olahan susu lainnya.

Rutin olahraga

Olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih tulang adalah dengan melakukan olahraga yang memberikan gaya tekan pada tulang, gaya renggang, dan gaya pelintir. Gaya tersebut dapat merangsang pertumbuhan tulang sehingga tulang menjadi sehat. Anda dapat mencobanya dengan bersepeda, joging, jalan kaki, atau naik turun tangga.

Selalu hidup sehat

Selain dengan mengonsumsi kalsium, vitamin D, dan berolahraga, akan lebih baik bila Anda mencoba hidup sehat dengan menghentikan kebiasaan merokok. Rokok, kopi, alkohol, teh, dan minuman bersoda dapat menghambat penyerapan kalsium. Sebaliknya, konsumsilah makanan bergizi yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Kesehatan

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us