Tips Menghemat Baterai di Ponsel Android - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

20 Oktober 2011

Tips Menghemat Baterai di Ponsel Android



Mempunyai smartphone idaman kini bisa didapatkan berkat kehadiran sistem operasi Android. Ya, OS berbasis open source ini membuat hampir semua perangkat dengan berbagai harga bisa disematkan dengan OS, dan berlabel 'Smartphone'.

Namun, terkadang kendalanya adalah smartphone berbeda dengan ponsel fitur yang semarak dengan beragam aplikasi. Sehingga kebutuhan ponsel pun tak sekedar lagi menjadi untuk berkomunikasi saja dengan panggilan atau sms.

Banyaknya aplikasi yang hilir masuk ke perangkat genggam Android ini, terkadang membuat ponsel ini menjadi mudah lemah. Pemakaian daya yang berlebihan dan 'mubazir' menjadikan baterai handset Android cepat habis.

Berikut tips sederhana agar baterai Anda dapat bertahan lama, yang okezone rangkum dari berbagai sumber.

1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan lagi. 
Ponsel ini memang mempunyai fungsi multitasking, sehingga pengguna dapat menjalankan satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus mematikan aplikasi sebelumnya. Di satu sisi memang bagus, namun jeleknya aplikasi yang masih berjalan ini juga memakan energi, meski tidak digunakan.

Untuk melakukan ini, pengguna bisa melakukannya secara manual dengan mematikannya satu-satu. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti 'Advanced Task Killer' untuk mematikan, atau menyortir aplikasi mana yang ingin 'dibunuh'.

Selain itu, ada aplikasi lain bernama 'Battery dry to Save Battery'. Aplikasi ini jauh lebih komplit, karena juga memberikan informasi tambahan aplikasi mana saja yang memakan energi besar.

2. Mengurangi kecerahan layar
Anda tidak perlu resolusi pencahayaan yang besar saat siang atau berada di luar ruangan. Jadi, layar di perangkat Anda bisa dikurangi untuk menghemat baterai.

Caranya cukup mudah, masuk ke menu 'setting', lalu pilih 'display, setelah itu pengguna bisa mengatur kontras warna dan rasio kecerahaan.

3. Matikan live wallpaper
Ponsel Android memang sangat keren bila muncul dengan walpaper yang bisa bergerak-gerak. Akan tetapi, sayangnya ini cukup menguras tenaga bagi baterai handsetnya. Ada baiknya Anda cukup mengganti walpaper biasa, untuk mengemat baterai.

4. Mobile network
Komputer dalam genggaman memang disematkan untuk ponsel Android ini, karena kemampuannya untuk menjelajah dunia maya sangat mengagumkan. Tapi bila Anda sedang tidak dalam keadaan online, ada baiknya memang jaringan mobile dimatikan untuk menghemat kondisi.

Caranya, masuk ke menu setting, lalu pilih Wireless and network, setelah itu baru pilih mobile network, kemudian pilih fungsi 'off'.
http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...