JENIS PEGAGAN YANG YANG BERGUNA UNTUK KESEHATAN - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

08 September 2011

JENIS PEGAGAN YANG YANG BERGUNA UNTUK KESEHATAN


Anda ingin cerdas? Lupakan produk multivitamin peningkat kecerdasan asal impor yang harganya selangit itu. Mereka bisa diganti dengan hanya mengkomsumsi pegagan yang banyak menggangur di pekarangan rumah dan dipandang sebelah mata. Penasaran? Silahkan buktikan!

Centela asiatica : Tanaman merambat yang rasanya lezat, tetapi khasiatnya justru lebih menakjubkan. Tanaman ini tak kalah khasiatnya dengan Ginko bibola yang sejak ribuan tahun silam dipercaya mampu mempertajam daya ingat.

Antanan
Nama pegagan di Jawa Barat-mempunyai asiaticosida. Senyawa golongan triterpenoid itu mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan

Daun Kaki Kuda
Nama pegagan di Jawa-digolongkan tanaman gulma. Kini ia menjadi salah satu dari 31 gulma yang sudah dimanfaatkan sebagai obat. Oleh Apporo, peneliti dari India sudah dibuat menjadi serbuk dan sudah diuji secara klinik.

Sarowati
Nama pegagan di Maluku-alkaloida yang terkandung didalam daunnya sudah diteliti oleh ilmuwan Francis dipercaya dapat memberikan energi pada jaringan otak.

Bebele
Nama pegagan di Nusa Tenggara-kerap digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi, Dr. Suwijiyo Pramono-peneliti dari Fakultas Farmasi UGM sudah pernah meneliti senyawa yang terkandung didalamnya sehingga dapat berfungsi sebagai antihipertensi itu.

Gotu cola
Nama pegagan di India dan Madagaskar yang sudah dijadikan oleh leluhur mereka sebagai obat untuk penyakit lepra. Itu disebabkan oleh asiaticosida yang terkandung didalamnya, selain sebagai pengencer otak juga dapat melemahkan baksil lepra Mycrobacterium leprae dengan cara mengikis bagian berlilin dinding luarnya.

Dogauke
Nama pegagan dari Papua digunakan untuk penderita tuberculosis, Tanaman ini dapat menghasilkan antibiotic yang aktif melawan baksil tuberklosis itu.

Ji xue cao
Sebutan di Cina memiliki khasiat diuretic (melanjarkan urine)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...