6 Aturan Dasar Bergaul di Jejaring Sosial - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

20 September 2011

6 Aturan Dasar Bergaul di Jejaring Sosial

Arus perkembangan teknologi bagaimanapun tidak mungkin dibendung. Kita tidak mungkin mengurung anak di rumah dengan menyediakan berbagai fasilitas. Adalah salah jika melarang anak untuk berkenalan dengan teknologi dan internet, karena bagaimanapun anak butuh bergaul dengan dunia luar melalui teknologi.

Di sinilah pentingnya peranan semua pihak baik orang tua, institusi pendidikan, pemerintah dan masyarakat untuk mengawasi anak, remaja dan muridnya, khususnya bagi yang masih di bawah umur, untuk membekali mereka menghadapi perkembangan teknologi.

Kita seharusnya memberikan edukasi kepada anak tentang bagaimana menyikapi perkembangan teknologi yang sangat cepat untuk digunakan secara positif. Kita juga harus mengawasi setiap aktivitas anak di internet.

Situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, dan Twitter adalah produk-produk teknologi yang kini sedang digemari banyak kalangan, termasuk anak-anak dan remaja. Dengan layanan ini, kita dapat berkomunikasi dengan teman lama, memperluas jaringan pertemanan, ataupun sekadar mengetahui keadaan / status teman atau kerabat.

Mintalah persetujuan dari anak Anda untuk memberikan Anda akses masuk ke profil situs jejaring mereka, sehingga memudahkan Anda memantau aktivitas mereka setiap saat. Lalu, beri imbauan kepada anak untuk mengikuti aturan-aturan dasar bergaul di situs jejaring sosial, antara lain:

  • Jangan memajang informasi terlalu lengkap.
  • Jangan ketemuan dengan orang yang tidak kita kenal. Kalaupun ketemuan, sebaiknya ajak beberapa teman / keluarga untuk menemani kita.
  • Jangan memajang foto yang tidak senonoh, karena berpotensi disalahgunakan oleh orang lain yang berniat jahat untuk mengambil keuntungan.
  • Jangan sembarangan meng-approve teman, padahal kita tidak mengenalnya.
  • Jangan pernah memajang informasi finansial, karena phisher (pelaku phishing) banyak berkeliaran di internet.
  • Ingatlah bahwa apa yang kita ucapkan di situs jejaring sosial akan menjadi konsumsi publik. Oleh karena itu, janganlah menyebarkan isu-isu atau membeberkan informasi pribadi orang lain yang belum tentu benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...