loading...

Mempersiapkan dan Membimbing Anak untuk Siap Terjun Ke Dunia Kerja dan Dunia Usaha sejak Dini

Cepat maupun lambat anak-anak kita yang tadinya masih bayi dan anak-anak akan tumbuh berkembang menjadi manusia dewasa yang dituntut untuk mampu hidup mandiri seperti orangtua mereka. Untuk dapat bertahan di dunia persaingan pekerjaan dan usaha dibutuhkan bimbingan dari orangtua sedari kecil hingga dewasa sebagai bekal yang dibawa sampai mati.
Beberapa Hal Positif Yang Harus Ditularkan Orangtua Kepada Anaknya :
1. Hidup Sederhana, Mandiri dan Tidak Manja
Untuk menjadi orangtua yang baik janganlah hidup bermewah-mewahan yang dapat menular ke anak yang masih kecil. Anak yang dari kecil terbiasa hidup enak tanpa dikenalkan kepada kehidupan yang sulit dan kemandirian bisa membuat anak menjadi manja. Sehingga anak dapat tumbuh menjadi anak yang selalu ingin dimanja, tidak mau jauh dari orangtua, tidak mau hidup susah, terbiasa hidup mewah dan boros, dan lain sebagainya.
2. Mulai Dari Bawah (Nol)
Untuk memahami suatu usaha diperlukan pemahaman yang mendasar yang ilmunya hanya bisa didapat jika terjun langsung ke lapangan menjadi pegawai yang paling bawah. Bagaimana bisa memimpin suatu perusahaan jika tidak paham bagaimana rasanya menjadi bawahan yang terkadang menjadi ujung tombak perusahaan. Ajarkan anak untuk terjun ke lapangan mulai dari dasar bukan langsung duduk enak menempati posisi pimpinan puncak.
3. Tamankan Agama dan Budi Pekerti
Anak yang pintar setinggi langit tidak akan ada gunanya jika tidak dibekali agama dan budi pekerti yang baik. Seseorang yang memiliki keimanan dan ketakwaan terhadap ajaran agamanya akan bekerja sebaik mungkin dengan cara yang baik. Namun orang yang tidak paham agama bisa bekerja sekehendak nafsu ambisi saja yang terkadang bertindak melawan hukum. Ajarkan sifat tolong menolong, jujur, rendah hati, menghormati dan menghargai orang lain, dan lain-lain.
4. Transfer Teori dan Pengalaman Praktek Kerja
Selama kita hidup pasti kita memiliki suatu ilmu yang bisa kita wariskan ke anak cucu kita demi masa depan mereka yang lebih baik dari kita. Jika kita merasa anak cucu kita siap menerima transfer ilmu pengetahuan dari orang-tuanya maka berikanlah ilmu kita agar tidak hilang begitu saja ikut masuk ke dalam kuburan kita.
Share on :
Motivasi

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us