Hewan dengan sistem pertahanan yang unik - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

22 Maret 2011

Hewan dengan sistem pertahanan yang unik

10. Humpback Whale (Paus Bungkuk)
http://hermawayne.blogspot.com
Ketika salah satu mamalia laut terbesar hendak mencari makan yang benar-benar besar, hanya satu atau dua ikan yang tidak akan melakukannya. Ikan paus bungkuk sering berkumpul dengan sesamanya, dan menggunakan metode yang lebih cerdik untuk menangkap ikan prasmanan. Paus mulai dengan melingkari sekelompok ikan, dan kemudian mereka membuang napas untuk menjebak ikan di semacam jaring yang terbuat dari gelembung. Jaring ini cukup kuat dan mampu menangkap ikan seperti jaring sungguhan. Setelah ikan terjebak, ikan paus bungkuk bergiliran menyelam ke bagian bawah jaring, lalu berenang cepat-cepat dengan mulut yang terbuka lebar, mengambil sejumlah besar ikan ke dalam mulut mereka.

9. Spitting Spider (Laba-laba Peludah)
http://hermawayne.blogspot.com
Spiderman menggunakan kekuatan web-slinging nya untuk melompat dan berayun dari gedung ke gedung, tetapi kemampuan fantastis ini mungkin akan bersaing dengan laba-laba peludah. Laba-laba ini memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh arakhnida lain, yaitu : kemampuan untuk meludah zat seperti lem pada mangsanya. Laba-laba peludah memiliki 2 lambung, satu yang menyimpan sutra untuk membangun jaring dan lain yang menyimpan cairan ludah yang lengket. Ketika predator ini menemukan makanan ringan yang lezat, akan meludahi mangsanya pada kecepatan 1/600 detik, yang menahan korban di tempat sementara laba-laba memberikan gigitan pembunuh.

8. Whip Scorpion (Kalajengking Cambuk)
http://hermawayne.blogspot.com
kalajengking cambuk, nama untuk binatang yang memiliki ekor tipis yang menyerupai cambuk kulit, hanya tumbuh sekitar 3 inci (18 cm). Kalajengking ini tidak memiliki racun dan ekornya tidak menyengat. Tetapi kalajengking cambuk memiliki sesuatu yang tidak dimiliki spesies kalajengking lainnya, yaitu asam. Jika kalajengking cambuk merasa terancam, ia akan menyambuk ekor ke sekelilingnya dan mengeluarkan aliran fluida tajam dari kelenjar analnya. Memang cairan itu tidak beracun, tapi cukup untuk membuat predator untuk mundur atau setidaknya ragu-ragu untuk menyerang dan memberikan kalajengking cambuk untuk kabur.

7. Malaysian Ant (Semut Malaysia)
http://hermawayne.blogspot.com
Kebanyakan orang yang akrab dengan semut api dan sengatan menyakitkan, tetapi serangga-serangga merah itu mungkin tampak jinak jika Anda membandingkan dengan sepupunya, semut Malaysia. Juga dikenal sebagai semut meledak, serangga kecil ini benar-benar mengambil pekerjaan sebagai seorang prajurit yang ekstrim. Semut Malaysia adalah sama kecilnya dengan semut biasa, tapi dibangun untuk melayani dan melindungi seluruh koloninya. Dianggap sebagai semut prajurit, di dalam tubuhnya terisi dengan kantong beracun dari kepala hingga ke bawah punggungnya. Ketika predator muncul, otot semut akan kontraksi untuk mempersiapkan racun. Lalu akan menyemprot racun pada musuhnya. Musuh yang terkena bisa mati karena racun, atau jika memiliki kemampuan cukup besar untuk bertahan hidup, ia akan berpikir dua kali sebelum mendekati semut lain di daerah tersebut.
6. Skunk (Sigung)
http://hermawayne.blogspot.com
Mamalia hitam dengan garis putih Ini telah mendapatkan gelar hewan terbau di dunia. Menurut Humane Society dari Amerika Serikat, makhluk yang telah disalahartikan ini tidak selalu bau dan hanya mengeluarkan bom bau ketika terancam. Bahkan kemudian, mereka akan memberikan sinyal beberapa peringatan, seperti mendesis, menghentakkan kaki mereka, atau mengangkat ekor mereka di udara sebelum mengeluarkan bau mereka. Semprotan berbahaya Sigung 'dapat menyebar sejauh 10 kaki (3 meter), tetapi mereka hanya dapat menggunakan 5 sampai 6 kali semprotan sebelum mereka mengisi pasokan bom bau, yang dapat berlangsung hingga 10 hari. Semprotan ini tidak mematikan, namun bau sigung cukup untuk membuat predator apapun mengevakuasi daerah tersebut, dan bau tetap terasa selama berhari-hari, yang dapat membuat korban merasa sangat tidak nyaman. flora dan fauna

5. Archer Fish (Ikan Pemanah)
http://hermawayne.blogspot.com
Ikan pemanah adalah penembak jitu di dalam sungai, dan sebuah jet air adalah senjatanya. Dengan bidikan yang tepat, ikan ini mampu mengambil serangga apapun dalam beberapa meter tanpa menggunakan apa-apa selain air yang disemprotkan dari mulutnya. Rata-rata ikan pemanah hanya 6 inci (15 cm) panjangnya dan memiliki tubuh dan kepala pipih. Mulutnya miring ke atas, yang sangat berguna ketika melompat untuk meraih serangga darat. Ikan ini biasanya berenang tepat di bawah permukaan air, dan ketika tempat mangsa itu dalam jangkauan, ia akan menyesuaikan matanya seperti bidikan, sehingga mendapatkan garis horizontal yang sejajar dengan mangsa. Kemudian bibir ikan nyaris tidak muncul ke permukaan air karena tembakan sebuah jet air pada korban. Tembakan air yang kuat ini bisa mencapai 5 kaki (1,5 meter) jauhnya. Ikan pemanah hampir selalu mengenai target dengan 1 tembakan, bahkan bisa langsung membunuh belalang, laba-laba dan serangga lainnya. Jika sebuah serangga cukup dekat, ikan akan melupakan tembakannya dan hanya melompat keluar dari air dan mengambil serangga dengan mulutnya sebagai gantinya.

4. Horned Lizard (Kadal Bertanduk)
http://hermawayne.blogspot.com
Kadal bertanduk dilengkapi dengan taktik pertahanan begitu banyak, bisa dianggap sebagai menteri pertahanan dari semua spesies hewan. Seperti bunglon, warna kulitnya dapat menyesuaikan diri dengan banyak latar belakang alam, termasuk gurun yang disebut "rumah". Reptil ini bahkan dapat terlihat seperti batu, berkat warna mereka dan punggung bertanduk. Ketika samaran tidak bekerja, pertahanan berikutnya adalah membusungkan tubuhnya untuk membuat dirinya terlihat lebih besar dan membuat predatornya kurang selera. Jika itu tidak menghentikan musuhnya, maka kadal bertanduk melakukan "kudeta de gras" yaitu menyemprotkan darah keluar dari matanya. Untuk melakukan hal ini, kadal bertanduk membatasi aliran darah ke seluruh tubuh, meningkatkan tekanan darah di kepala, dan memecahkan pembuluh darah di kelopak matanya. Ini bertujuan menyemburan darah sampai dengan 5 kaki (1,5 meter) jauhnya. Darah itu tidak beracun, tapi itu tampaknya cukup membingungkan predator dan memberikan selera yang sangat buruk.

3. Bombardier Beetle (Kumbang Pengebom)
http://hermawayne.blogspot.com
Karena kumbang tidak dapat terbang cepat seperti serangga lainnya, mereka membutuhkan alat-alat lainnya untuk mempertahankan diri melawan musuh. Kumbang Pengebom secara khusus dilengkapi dengan beberapa mekanisme pertahanan yang serius, termasuk lapis baja yang melindungi tubuh dari unsur-unsur. Tapi cairan panas mendidih yang disemprot dari perutnya yang paling efektif terhadap predator. Di dalam perut kumbang ada 2 kamar yang dipenuhi bahan kimia itu, ketika digabungkan, membuat asam yang memanaskan sampai 212 derajat Fahrenheit (100 derajat Celsius) dan kemudian semprotan keluar secara eksplosif melalui dinding perut. Dan jika semprotan tidak cukup untuk menakut-nakuti binatang apa pun, kumbang ini juga membuat suara seperti tembakan setelah merilis semprotan asam pada predatornya.

2. Hagfish
http://hermawayne.blogspot.com
The hagfish, ditemukan di sebagian besar lautan di dunia, membuat kekacauan yang sangat besar untuk menangkal calon predator. Ketika ikan ini merasa stres atau indera mereka merasakan bahaya, binatang ini melepaskan lendir tebal yang berfungsi sebagai lapisan pelindung. Setelah ancaman itu hilang, hagfish mengikat diri sendiri menjadi simpul dan kemudian berjalan mundur, meninggalkan lendir dan menjauh, atau yang lain bisa mati lemas di lendir sendiri. Binatang ini hanya tumbuh menjadi sekitar 15 inci (40 cm) panjang dan lebar ibu jari, tetapi dapat melepaskan sampai satu liter (0,2 galon) lendir dalam waktu sekitar 1 detik. Haruskah ikan predator memutuskan untuk mengambil risiko pada makhluk yang lengket ini? jika ya, predator itu segera akan menyesal, karena lendir merembes keluar dari hagfish segera setelah digigit. Predator akan segera memiliki insang penuh lendir dan langsung tercekik sampai mati.

1. Electric Eel (Belut Listrik)
http://hermawayne.blogspot.com
Ditemukan di seluruh Amerika Selatan di sungai berlumpur atau cekungan, belut listrik dapat tumbuh menjadi lebih dari 8 kaki (2,5 meter). Mereka biasanya berwarna hijau tua atau abu-abu, yang membantu mereka berbaur dengan lingkungan mereka, tetapi aset mereka yang paling berharga adalah benar-benar mengejutkan. Organ mereka mengandung sel-sel khusus yang disebut "electrocytes" yang secara efektif mengubah mereka menjadi baterai. Belut listrik menggunakan organ yang dapat merasakan benda asing dan ikan lebih kecil yang mungkin bisa dijadikan makanan yang baik. Untuk pakan, mereka akan memberikan kejutan kecil untuk ikan, sehingga membuat korban mereka lumpuh. Mangsanya masih hidup, tetapi tak mampu bergerak, setelah itu belut akan menyedot mereka seperti mie spaghetti. Ketika mereka merasakan ancaman, mereka dapat melepaskan sekitar 600 volt listrik ke predator, yang dapat membuat musuhnya mati. Ketika Anda menganggap bahwa stopkontak di dinding AS rata-rata hanya sekitar 100 volt, jelas bahwa seperti banyak makhluk lain, belut listrik adalah hewan yang cukup mematikan.

Sumber : kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...