loading...

Etika Yang Harus dilakukan Sebelum Mengundurkan Diri (Resign) Dari Pekerjaan

Pindah pekerjaan ke tempat yang baru merupakan hal yang umum terjadi dalam dunia kerja karena manusia pada umumnya menginginkan kesejahteraan yang baik dengan lingkungan kerja yang baik pula. Apabila kita mendapatkan pekerjaan baru dan kemudian mengajukan pengunduran diri (resign), maka kita harus melakukan berbagai tahap persiapan sebelum benar-benar pindah ke kantor baru.
Berikut Ini Merupakan Beberapa Etika Yang Perlu Diketahui Sebelum Pindah Ke Tempat Kerja Baru :
1. Memberikan Pemberitahuan Jauh-Jauh Hari
Biasanya untuk pengajuan pengunduran diri harus diajukan secara tertulis kepada hrd minimal 30 hari sebelum tanggal berhenti bekerja. Fungsinya yaitu agar perusahaan dapat mempersiapkan sdm yang akan menggantikan posisi kita serta memberi waktu untuk pengurusan administrasi.
2. Menyelesaikan Tugas / Pekerjaan Yang Tersisa
Selesaikan segera pekerjaan yang menjadi tugas kita dengan baik hingga tanggal pengunduran dan jangan menyisakan satu pun agar tidak menjadi beban bagi generasi penerus kita. Jika ada hutang piutang selama bekerja dengan teman atau atasan sebagainya segara diselesaikan juga demi kebaikan bersama.
3. Mengajari Calon Tenaga Pengganti Kita
Ajarkan sdm pengganti kita dengan baik agar dapat menyelesaikan pekerjaan yang kita limpahkan kepada dia. Segera laporkan ke hrd apabila pengganti kita dinilai tidak mampu untuk menggantikan kita agar bisa diganti dengan sdm yang lebih mampu.
4. Tetap Menjaga Hubungan Baik
Tetaplah menjadi orang yang baik di mata orang-orang di kantor lama di hari-hari terakhir bekerja di kantor. Dengan menjalin hubungan yang baik, maka suatu saat nanti apabila kita menemui kesulitan orang-orang dari kantor lama mungkin akan membantu anda. Penilaian akhir yang baik juga menjadi modal utama
5. Berpamitan dan Minta Maaf di Hari Terakhir
Tidak ada salahnya untuk pamit sekaligus meminta maaf jika selama ini ada kesalahan kepada para atasan, teman-teman di tempat kerja, bawahan, petugas keamanan, petugas parkir, dan lain sebagainya. Bekerja di tempat yang baru tanpa ada dosa akan lebih membuat semangat kerja kita maksimal.
6. Membereskan Tempat Kerja Kita
Bersihkan, rapikan, dan bereskan sebaik mungkin tempat calon pengganti kita jangan sampai ada banyak berkas, kotoran, sampah, buku-buku, dan lain sebagainya. Bawa pulang barang-barang pribadi yang masih ada di agar pengganti kita bisa lebih leluasa meletakkan berbagai barang-barang probadinya.
7. Menjaga Rahasia Perusahaan, Client dan Rekan Sekerja
Jagalah rahasia-rahasia milik perusahaan, jangan dibocorkan kepada pihak-pihak lain karena bagaimanapun juga aib tidak boleh kita sebarluarkan karena dengan alasan apapun. Begitu pula kita hendaknya jangan menjelek-jelekkan seseorang yang pernah menjadi teman kerja kita.
8. Mengurus Administrasi
Uruslah dulu surat-surat, formulir dan berkas dan sebagainya sebelum anda mengundurkan diri agar kelak setelah pindah ke kantor baru tidak perlu lagi mencuri waktu untuk mengurus keperluan administrasi kita sendiri.
Sekian sepatah dua kata dari saya, semoga artikel tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin dan terima kasih banyak atas kunjungan anda.
Share on :
Karier dan Pekerjaan

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© 2011 Loverlem blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us