9 Alasan Harus Ada Lemon Di Kulkas - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

08 Maret 2011

9 Alasan Harus Ada Lemon Di Kulkas

Mulai dari penambah kesegaran, penambah rasa, hingga kebaikan untuk tubuh, semua ada pada lemon. Tidak hanya itu, lemon juga memiliki kebaikan dan kegunaan lain. Apa saja?


Penyedap Rasa
Irisan kulit lemon adalah bahan yang sering digunakan untuk menambah rasa kuat khas sitrus yang berasal dari air pada kulit lemon itu. Umumnya irisan kulit lemon ini digunakan sebagai garnish, tergantung dari resep yang digunakan. Kadang digunakan dengan potongan-potongan kecil, kadang juga digunakan dalam bentuk irisan panjang, yang pasti menghindari bagian putih di bawah kulit lemon karena sangat pahit.

Mengeraskan Kulit Telur Rebus
Sering kesal karena rebusan telur Anda sering gagal karena kulitnya pecah, lemon adalah jawabannya. Triknya, sebelum merebus telur, oleskan air perasan jeruk pada kulit telur, fungsinya untuk mengeraskan kulit. Untuk memudahkan pengupasan, teteskan satu sendok teh perasan air jeruk ke dalam air rebusan telur. Jika tidak berlebihan, air perasan jeruk itu tidak akan meninggalkan rasa pada telur.

Daun Selada Lebih Renyah
Tidakkah Anda kesal jika daun selada yang Anda ingin makan untuk salad terasa lembek? Coba buat daun selada itu kembali renyah dengan merendamnya dalam air dingin bercampur air perasan setengah buah lemon. Kemudian, simpan rendaman tersebut sekitar 1 jam, keringkan, dan selada siang dinikmati renyah. Namun, cara ini tidak akan berhasil pada daun selada yang sudah terlalu busuk dan mulai keluar cairan.

Bikin Tahan Lama
Buah alpukat, apel, pir, persik, dan aprikot mudah berubah warna menjadi kecokelatan setelah dikupas dan didiamkan. Supaya tidak terjadi, siram buah yang sudah dikupas itu dengan air perasan lemon. Namun, tentu, karena rasa lemon yang cukup kuat, ia bisa saja mengubah sedikit rasa dari buah itu.

Menambah Rasa
Tahukah Anda, dengan meneteskan perasan air lemon di atas makanan bisa membantu Anda mengurangi asupan sodium? Kebanyakan kita sering makan banyak sodium yang tidak sehat sehingga meningkatkan tekanan darah, yang bisa berakibat pada serangan jantung atau stroke. Perasan air jeruk memberikan tambahan rasa pada makanan yang bisa menggantikan penambah rasa yang tinggi sodium itu. Coba berikan air perasan lemon di atas ayam, daging, seafood, dan sayuran. Air perasan lemon bahkan bisa juga digunakan pada tahu. Anda akan melihat bahwa lemon bisa menguatkan rasa alami dari makanan yang umumnya tertutup garam. Selain lemon, hal ini juga bisa Anda terapkan menggunakan buah nanas, jeruk, dan limau.

Lawan Kanker
Menurut BBC, meminum segelas teh hitam atau hijau dengan buah lemon bisa menurunkan sekitar 70 persen risiko kanker kulit. Lemon membantu mencegah kulit terbakar, dan sebagai pencegah kanker kulit. Kandungan dari kombinasi teh dan lemon melindungi tubuh dari bahaya sinar matahari (penyebab utama kanker kulit). Anda harus meminum daun teh baru yang baru diseduh bersama buah lemon segar. Es teh tidak seefektif pada pencegahan kanker karena air dari es yang mencair melarutkan zat efektif yang ada di lemon dan teh.

Penambah Segar Minuman
Cuaca panas bisa membuat mood dan semangat menguap. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah kesegaran adalah dengan membuat es batu dari perasan lemon. Belah dua sebuah lemon segar, lalu campurkan ke dalam air yang akan digunakan untuk mengisi cetakan es batu. Es batu yang berisi perasan air jeruk itu bisa Anda gunakan untuk ditambahkan pada minuman segar di hari yang panas.

Lemonade
jika Anda memiliki banyak buah lemon, Anda bisa membuat minuman lemonade. Tak perlu membuat minuman asam dari buah lemon saja, tambahkan cairan segar lainnya, seperti jus semangka atau nanas. Atau, jika memang ingin mencoba membuat lemonade seperti yang sering di film-film barat, Anda bisa buat dari campuran air perasan lemon, gula, air, dan es batu.

Menjaga Kesehatan
Sebenarnya, air perasan lemon tanpa gula adalah hal yang menyehatkan. Contoh, seperti yang disarankan Wellsphere, saat tenggorokan sedang radang, berkumur dengan campuran air dengan perasan lemon selama 1 menit, 3 kali sehari bisa mengurangi rasa tak nyamannya. Sekaligus bisa membantu membersihkan ginjal, hati, dan darah.
Source: http://female.kompas.com/read/xml/2011/01/24/11274412/8.Alasan.Harus.Ada.Lemon.di.Kulkas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...