Tempat Wisata di Kota Samarinda - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

28 Februari 2011

Tempat Wisata di Kota Samarinda

Jembatan Mahakam

Jembatan Mahakam adalah jembatan yang menghubungkan kota samarinda yang terbelah oleh aliran sungai mahakam!

di sekitar lokasi jembatan terdapat taman yang sangat indah, jembatan ini kita temukan ketika kita baru memasuki pusat kota samarinda..

Tepian Mahakam ( Wisata Sungai Mahakam )

Sungai mahakam merupakan alur sungai yang mengitari sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda.
Aktivitas Sosial Budaya masyaraakt Samarinda dapat kita saksikan, seperti : pemanfaatan sungai sebagai sarana transportasi untuk angkutan penumpang dan barang, serta hasil bumi yang diperdagangkan antar pulau dan diekspor ke mancabegara melalui Pelabuhan Samarinda. Pemanfaatan sungai untuk mendukung kehidupan sosial sehari-hari sebagai nelayan, pedagang, ibu rumah tangga, pembuat kapal tradisional, dan lain-lain.
Bila malam hari dapat pula disaksikan dan dinikmati jagung bakar, dan beberapa warung makan lainnya di sepanjang bantaran tepian mahakam ini.

Kawasan tepian Mahakam selain menjadi obyek wisata air, juga diusulkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak sebagai wadah mendukung komitmen nasional mengurangi emisi gas karbon 26 persen hingga 2020, yakni area tersebut bebas dari kendaraan bermotor.

Wisata Rohani

Islamic Centre

Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak.
Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi.

Masjid Raya Darussalam

Merupakan daya tarik wisata budaya yang terletak di tengah kota, pada dasa warsa tahun 60 70 an.
Sekitar awal tahun 1990 an, dilakukan pemugaran menyerupai sebuah masjid di salah satu tempat di Timur Tengah. Masjid dengan konstruksi beton ini berlantai tiga dan dapat menampung lebih kurang 14.000 jamaah, dilengkapi dengan taman kolam dan perpustakaan.

Masjid Sirotul Mustaqim

Ini adalah masjid tertua yang ada di kota Samarinda dan merupakan peserta terbaik II pada Festival Masjid-masjid Bersejarah Se Indonesia oleh Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia.

Masjid Sirotul Mustaqim, masjid tertua di Samarinda, seluruh konstruksinya dari bahan kayu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...