Semakin Sering Berbohong, Semakin Sulit Mendapatkannya (Tes Otak) - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

10 Februari 2011

Semakin Sering Berbohong, Semakin Sulit Mendapatkannya (Tes Otak)

Otak kita secara alami tidak bisa berkata bohong, tapi jika berbohong dengan berulang-ulang dapat menghilangkan kecenderungan kita untuk jujuran, dan membuat berbohong itu lebih mudah dan mungkin tidak terdeteksi.




Neuroimaging penelitian telah menunjukkan bahwa otak manusia menunjukkan aktivitas jauh lebih banyak ketika mereka berbaring daripada ketika mereka tidak, terutama di korteks prefrontal, menunjukkan bahwa berbohong membutuhkan kontrol kognitif ekstra dan menghambat kebenaran. Berbohong juga mengambil terukur lebih lama daripada mengatakan yang sebenarnya.

Untuk menguji apakah apa yang disebut "respon kebenaran dominan" otak dapat diubah, Bruno Verschuere dari Ghent University di Ghent, Belgia, dan koleganya mempelajari tiga kelompok siswa.

Benar Atu Salah ?
Para siswa pertama kali diminta untuk memberikan laporan tertulis tentang kegiatan sehari-hari. Setiap siswa kemudian ditanya tentang kegiatan tersebut, dan diminta untuk baik itu berbohong atau mengatakan kebenaran dalam jawaban mereka.

Diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan ini adalah "filler" pertanyaan di topik baru. Satu kelompok selalu diminta untuk menceritakan kebenaran kepada pertanyaan-pertanyaan pengisi, kelompok kedua harus berbohong, dan kelompok ketiga diminta untuk berbohong atau mengatakan kebenaran dalam ukuran yang sama.

Para peneliti menemukan bahwa pembohong sering menjadi lebih mahir berbohong. Perbedaan normal dalam waktu reaksi antara mengatakan yang sebenarnya dan berbohong menghilang.

"Pada orang yang dusta banyak dalam kehidupan nyata [seperti pembohong patologis], tanggap kebenaran dominan mungkin tidak sekuat seperti yang kita berteori," kata Ewout Meijer Universitas Maastricht di Belanda.

Krusial, kata psikolog Scott Lilienfeld dari Emory University di Atlanta, Georgia, hasil meningkatkan kemungkinan menarik bahwa setidaknya beberapa tindakan kebohongan mungkin relatif tidak efektif bagi pembohong dipraktekkan, termasuk psikopat. "Lie tes detektor yang paling sering digunakan pada orang yang diduga kejahatan, yang memiliki tingkat yang lebih tinggi karakteristik psikopat - termasuk ketidakjujuran patologis - daripada individu lain,"katanya.

"Temuan ini menunjukkan bahwa peppering tes detektor kebohongan dengan pertanyaan sederhana yang dirancang untuk mendapatkan respon yang benar akan memperkuat respon kebenaran otak, sehingga sulit bagi seseorang untuk berbohong. Hal ini akan meningkatkan akurasi tes tersebut," kata Meijer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...