Rumah Termahal di Dunia Seharga Rp 9 Triliun - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

10 Januari 2011

Rumah Termahal di Dunia Seharga Rp 9 Triliun

Rumah Termahal di Dunia
- Melihat bentuknya tidak meyakinkan jika rumah milik miliarder India Mukesh Ambani (53) sebagai hunian termahal di dunia. Rumah itu berlantai 27 berisi kebutuhan hidup orang modern seperti bioskop, kolam renang, helypad dan sebagainya.

Mau tahu berapa harganya? Menurut koran TImes of India,rumah yang diberi nama 'Antilia' itu seharga 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 9 triliun. Antilia, seperti nama sebuah pulau mitos di Samudra Atlantik.

Jumat (26/11) kemarin Mukesh Ambani mengadakan pesta selamatan rumah barunya itu dengan dihadiri oleh 80 orang saja. Seorang tamu menyebut rumah itu sebagai 'Taj Mahal dari abad 21'.

Ambani, yang diyakini sebagai orang terkaya di India, pindah ke rumah itu bulan lalu dengan istri dan tiga anaknya.

Rumah itu menjulang diantara permukiman kumuh di tengah Mumbai, membutuhkan 600 orang untuk merawatnya. Rekening listriknya saja, untuk satu bulan September silam senilai 7 juta rupee atau setara Rp 1,3 miliar.

Rumah Termahal di Dunia Saat Ini

Rumah Termahal di Dunia


Karena berada di tengah-tengah permukiman miskin padat penduduk, keberadaan rumah super mewah itu memicu kontroversi, terutama para pegiat anti kemiskinan. Maklum, Mumbai dengan penduduk 18 juta jiwa itu sangat banyak rumah-rumah kumuh yang dihuni rakyat miskin.

Para tamu yang hadir dalam pesta itu termasuk penulis novel India Shobhaa De, bintang Bollywood Preity Zinta dan Aamir Khan dan miliarder Kumar Mangalam Birla.

Rumah Termahal di Dunia itu memiliki kuil di lantai dasar, perpustakaan di lantai paling atas dengan rancangan model prinsip Vaastu, tradisi India yang mirip dengan tradisi Cina, feng shui.

Maklum saja, harta dari Ambani ditaksir oleh majalah Forbes sebanyak US$27 miliar setara dengan Rp 243 triliun. Dia adalah direktur utama dan direktur pelaksana Reliance Industries, salah satu konglomerat terbesar di dunia. Dia juga pemilik tim cricket Liga Primer India, Mumbai Indians. (Tribunnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...